oleh

Website Pemkot Bima Zero Informasi Pengelolaan Anggaran

Kota Bima, Kahaba.- Pengelolaan website Pemerintah Kota Bima dengan laman http://www.bimakota.go.id rupanya tidak dilakukan dengan maksimal dan profesional

Website Pemkot Bima Zero Informasi Pengelolaan Anggaran
Website resmi Pemkota Bima. Foto: Ist

Keinginan Walikota Bima dan Wakil Walikota Bima agar penggunaan website pemerintah untuk mempublikasikan kebutuhan informasi masyarakat, tercermin tidak mampu diterjemahkan dengan baik oleh perangkat di bawah.

Menurut Sekjen Solud NTB Dedy Mawardi, website milik pemerintah tersebut merupakan corong yang berfungsi untuk mengakses informasi penting agar bisa disampaikan ke masyarakat. Namun faktanya, website tersebut malah zero informasi terkait pengelolaan anggaran.

“Tidak ada informasi penting soal anggaran di dalam website resmi Pemerintah Kota Bima tersebut,” sorotnya, Jumat (9/4).

Seperti informasi mengenai APBD Kota Bima yang sebelum itu dikritiknya tidak tertera dalam Website, kini mulai dimasukkan. Hanya saja, tidak tercantum semua. Seperti APBD 2020, cuma berisi satu lembar dan masih bersifat umum.

“Mestinya semua detail anggaran dimasukin. Biar benar – benar transparan ke publik,” katanya.

Belum lagi dengan LKPJ sambungnya, di website tersebut hanya tercantum pada tahun 2019. Itu pun tidak utuh. Melainkan hanya beberapa lembar. Pun dengan laporan realisasi APBD tahun 2020, juga tidak tertera dalam Website resmi Pemkot Bima.

Demikian juga hasil refocusing anggaran 2020 sebanyak Rp 28,8 miliar, hilang kabar sama sekali. Dibelanjakan untuk apa, sisanya berapa, pengembalian juga berapa, ini tidak bisa diketahui semua.

*Mestinya dimasukin semua untuk transparansi pengelolaan keuangan daerah,” katanya.

Pun demikian dengan Refocusing Anggaran untuk tahun 2021, hingga saat ini juga tidak tercantum dalam website Pemerintah Kota Bima. Pergeseran anggaran hasil refocusing tersebut bisa diketahui.

“Di daerah lain itu sudah publis hasil refocusingnya,” ungkap Dedy.

*Kahaba-01

Komentar

Kabar Terbaru