oleh

Temu Anak Tingkat Kota, DPPPA Sosialisasi Tugas dan Fungsi Forum Anak

Kota Bima, Kahaba.- Kegiatan Forum Anak (FA) merupakan acara yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun, dalam rangka menyeleksi calon duta anak Kota Bima untuk diutus mengikuti kegiatan yang sama Tingkat Provinsi NTB.

Foto bersama jajaran DPPPA Kota Bima dan peserta Temu Anak di Aula SMKN 3 Kota Bima. Foto: Ist

Kegiatan yang dihelat di aula SMKN 3 Kota Bima tersebut digelar selama 2 hari, mulai Kamis dan Jumat (19-20/5), dihadiri Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad, Sekretaris DPPPA HL Sukarsana, Kabid PHA Hj Kasmiriyanti, Asisten I Setda H Abdul Gawis serta 43 peserta forum anak.

Kabid Pemenuhan Hak Anak (PHA) DPPPA Kota Bima Hj Kasmiriyanti selaku ketua panitia menyampaikan, kegiatan tersebut digelar berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Perda Kota Bima Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dan beberapa aturan lain.

“Tujuan kegiatan ini untuk menguatkan kelompok FA terutama peran sebagai pelopor dan pelapor dalam pertumbuhan anak. Kemudian memahami tugas dan fungsi FA, serta memilih perwakilan duta anak untuk mengikuti kegiatan temu anak di tingkat Provinsi NTB,” jelasnya.

Kepala DPPPA Kota Bima H Ahmad saat sambutan menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi hak dan kewajiban anak saat berada di lingkungan masyarakat maupun teman sebaya. Kemudian bisa ikut melibatkan diri dalam proses pengambilan keputusan, serta mendorong anak-anak yang aktif untuk mengembangkan potensi minat serta bakat yang dimiliki.

Melalui temu anak ini diharapkan bisa terwujudnya lingkungan yang sadar akan hak anak, lalu dapat berperan serta memenuhi hak anak dalam rangka membangun generasi yang berkualitas. Dengan tujuan agar permasalahan dapat ditangani secara bijak dan ditangani secara bersama dan terpadu.

Ahmad menuturkan, selama pelaksanaan kegiatan para peserta dibantu beberapa orang pemateri yang telah dihadirkan, memberikan beberapa pembahasan di antaranya tentang rasa nasionalisme, bela negara, kepemimpinan hingga wawasan lainnya.

“Dengan kegiatan temu anak kita dapat membentuk dan menguatkan jaringan, serta meningkatkan kapasitas anak,” katanya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru