oleh

Perkuat Penggunaan IT, SDN 21 Tolomundu Gelar Digitalisasi Guru

Kota Bima, Kahaba.- Guna memperkuat penggunaan Informasi dan Teknologi (IT) untuk guru ASN dan honorer, jajaran SDN 21 Tolomundu Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), selama 2 hari mulai Rabu dan Kamis (18-19/8). Kegiatan dimaksud juga dihadiri Kepala Dinas Dikbud H Supratman, Kasi PTK Muhammad Humaidin, Kepala SDN 21 Tolomundu Hj Rukmini, pemateri Hidayatullah dan sejumlah guru setempat.

Perkuat Penggunaan IT, SDN 21 Tolomundu Gelar Digitalisasi Guru
Foto bersama Kepala Dinas Dikbud Kota Bima dan jajarna SDN 21 usai kegiatan bimtek penguatan digitalisasi guru. Foto: Eric

Kepala SDN 21 Tolomundu Kota Bima Hj Rukmini dalam laporan menyampaikan, kegiatan ini diikuti 32 guru ASN dan juga honorer lingkup sekolah setempat. Smeentara tujuannya untuk memperkenalkan sekaligus mengajarkan tenaga pendidik akan fungsi dan penggunaan teknologi.

“Saat ini tenaga pendidik harus serba bisa, terutama penggunaan IT dalam mempermudah proses pembelajaran di sekolah,” jelasnya.

Rukmini menguraikan, untuk memudahkan para tenaga pendidik menerima ilmu yang disampaikan. Pihaknya telah menyiapkan pemateri yang berkompeten. Sementara materi yang telah disampaikan seperti membuat RPP, tata cara webinar dan zoom meeting sesuai standar IT.

“Karena kita memiliki tab 122 unit yang didapatkan melalui dana BOS kinerja 2019, maka sudah saatnya dapat digunakan untuk penguatan materi pembelajaran,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Supratman menuturkan, di era modern saat ini tenaga pendidik dituntut untuk paham penggunaan teknologi. Apalagi di masa pandemi, penggunaan tugas melalui IT wajib, karena sebagian besar melaksanakan melalui sistem daring dan luring.

Melalui Bimtek ini juga diharapkan seluruh tenaga pendidik dapat memanfaatkan dengan baik, sebab penguasaan teknologi harus wajib diketahui. Sehingga guru mudah memberikan materi belajar dan juga bisa sedikit memantau kondisi siswa.

Mantan Kepala BKPSDM itu menambahkan, selain SDN 21 Tolomundu, diharapkan kegiatan Bimtek ini juga dilaksanakan oleh satuan pendidikan lain. Agar era transformasi pendidikan yang telah dicanangkan Kemendikbud dapat terlaksana dengan baik.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru