oleh

Predikat WTP Kota Bima dan Temuan Ratusan Juta

Kota Bima, Kahaba.- Kota Bima untuk tahun anggaran 2020 mendapat predikat pengelolaan keuangan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kantor Walikota Bima. Foto: Ist

Hanya saja, predikat itu terdapat catatan berupa temuan kerugian negara disejumlah OPD lingkup Pemerintah Kota Bima, terkait hasil laporan pengelolaan keuangan daerah sebanyak ratusan juta rupiah.

Inspektur Kota Bima Muhaemin menyampaikan, data yang disampaikan BPK Perwakilan Provinsi NTB tahun 2020 terdapat sejumlah hasil temuan.

“Jumlahnya temuan kerugian negara mencapai Rp 390 juta,” ungkapnya, Kamis (26/8).

Muhaemin menjelaskan, seluruh hasil temuan tersebut bersumber dari berbagai item, di antaranya kekurangan volume pekerjaan hingga belanja pegawai. Pihaknya kemudian menindaklanjuti dengan bersurat pada pihak ketiga dan juga OPD terkait.

“Hasil koordinasi terbaru, yang menjadi temuan tersebut semua sudah ditindaklanjuti oleh pihak ketiga dan OPD terkait,” katanya

Ditanya proyek dan instansi mana saja yang menjadi temuan BPK, mantan Kepala BPKAD itu enggan menjelaskan lebih rinci. Temuan juga sudah selesai dan tidak ada masalah.

“Yang terpenting pengembalian kerugian negara sudah selesai, itu saja,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru