oleh

Hasil Tes Pemetaan Kompetensi Kelar, BKPSDM Ogah Publikasikan

Kota Bima, Kahaba.- Jika sebelumnya BKPSDM Kota Bima tidak merilis indeks profesionalitas ASN tahun 2020 dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), instansi tersebut kini tidak mau mempublikasikan hasil tes pemetaan kompetensi seluruh pejabat eselon II setiap OPD lingkup Kota Bima.

Hasil Tes Pemetaan Kompetensi Kelar, BKPSDM Ogah Publikasikan
Kepala BKPSDM Kota Bima Muhammad Saleh. Foto: Eric

Padahal dari hasil tes pemetaan tersebut, masyarakat dan berbagai elemen bisa melihat dan menilai, hasilnya bisa mengetahui kualitas para pejabat di Kota Bima. Terutama dinas teknis yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat, seperti Dinas Kesehatan, Dinas PUPR dan instansi lain.

Yang dilakukan oleh BKPSDM Kota Bima tersebut tentu saja bertentangan dengan UU Keterbukaan Informasi Publik (KIP), karena dalam amanatnya setiap badan publik wajib memberikan akses informasi kepada publik.

“Dokumen hasil ini tidak bisa kami umumkan, karena rahasia,” ujar Kepala BKPSDM Kota Bima Muhammad Saleh, Kamis (9/9).

Ketika dikejar dengan pertanyaan tentang hasil tes kompetensi untuk Kepala Dinas Kesehatan dan Dinas PUPR, kembali Saleh tidak mau menjelaskan lebih jauh, karena tidak berwenang memberikan informasi.

“Kenapa tidak dipublis, karena hasil tes tersebut ditujukan pada pejabat pembina kepegawaian daerah atau Walikota Bima, sebagai bahan evaluasi terhadap kinerja para pejabat eselon II,” katanya.

Terkait beredarnya informasi akan ada mutasi dan rotasi, mantan Plt Kepala Dinas Perkim itu tidak bisa memberikan jawaban, karena belum mendapat arahan dari kepala daerah.

*Kahaba-04

Komentar

Kabar Terbaru