Kabar Kota Bima

Gaji dan Tunjangan Direktur Perumda Aneka Rp 14 Juta, Apa Dasar Rujukan

831
×

Gaji dan Tunjangan Direktur Perumda Aneka Rp 14 Juta, Apa Dasar Rujukan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Terungkap sejumlah sorotan anggota DPRD Kota Bima soal Perumda Bima Aneka saat Rapat Dengar Pendapat (RDP), di kantor setempat Kamis (9/9). Termasuk soal ditentukan gaji dan tunjangan untuk Direktur Perumda sebesar RP 14 juta dan sejumlah alokasi anggaran lain. (Baca. Tak Jelas Legal Standing, Jajaran Perumda Aneka Dicecar Pertanyaan Saat RDP)

Gaji dan Tunjangan Direktur Perumda Aneka Rp 14 Juta, Apa Dasar Rujukan - Kabar Harian Bima
Direktur Perumda Bima Aneka Julhaidin (Baju Putih) saat memaparkan kegiatan Perumda semester pertama di hadapan wakil rakyat Kota Bima. Foto: Bin

Wakil rakyat dari Partai Gerindra Sudirman DJ mengawali sorotannya soal belum adanya Perwali. Menurut dia, yang tidak becus urusan itu adalah Bagian Ekonomi. Karena kenyatannya, Perwali belum dibuat, tapi pada dokumen yang mereka terima sudah ada pengadaan barang dan jasa oleh Perumda. (Baca. Kinerja Perumda Aneka Jauh dari Ekspektasi, Dewan: Jangan Asal-Asalan Kelola Anggaran)

Gaji dan Tunjangan Direktur Perumda Aneka Rp 14 Juta, Apa Dasar Rujukan - Kabar Harian Bima

“Bagian Ekonomi ini katanya pembina, tapi kenyataannya Perumda dibiarkan jalan sendiri,” kesalnya.

DJ – sapaan akrabnya – juga mengungkapkan ditemukannya dari dokumen yang ia terima, jika pencairan anggaran untuk Perumda Aneka pada bulan April 2021, namun dalam dokumen tersebut tercatat pada bulan Maret 2021 sudah ada laporan penggunaan keuangan.

“Darimana uang yang dipakai bulan Maret itu, sehingga dilaporkan sebelum ada pendebetan,” sorotnya.

Masuk ke angka gaji, DJ pun mempertanyakan soal gaji Direktur Perumda sebesar Rp 12 juta dan tunjangan Rp 2 juta sebulan. Ditanyakannya siapa yang menentukan angka sebanyak itu, padahal perusahaan daerah tersebut baru berjalan.

“Dasar dan rujukan penetapan gaji direktur ini dari mana, termasuk dasar pengadaan barang dan jasa, karena ada proses dan tahapannya,” tanya DJ.

Selain itu, dirinya mempertanyakan salah satu karyawan Perumda yang digaji sebanyak Rp 4 juta. Apa dasarnya, apa kerjanya, sehingga tinggi sekali jumlah gajinya sebulan. Kemudian ada sewa mobil sebesar Rp 5 juta pada RKA yang satu, kemudian Rp 6 juta para RKA yang lain.

“Mana yang benar ini,” tanyanya lagi.

Tidak hanya itu, DJ juga menanyakan soal neraca yang dibikin. Terdapat Kekurangan anggaran sebesar Rp 400 juta. Itu terlihat dalam rekening koran.

“Lantas dimana uang Rp 400 juta itu juga,” sorotnya.

Kata wakil rakyat 3 periode itu, cara yang dilakukan Perumda Aneka ini sangat berbeda dengan BUMD Gerbang Mas NTB yang kini sudah berjalan sangat baik dengan omzet yang besar.

Gaji dan Tunjangan Direktur Perumda Aneka Rp 14 Juta, Apa Dasar Rujukan - Kabar Harian Bima
Suasana RPD yang digelar DPRD Kota Bima dengan Perumda Bima Aneka. Foto: Bin

Saat mereka melaksanakan studi banding beberapa waktu lalu, jajaran direksi dan karyawan memberikan pengabdian tanpa gaji besar. Bahkan tidak merekrut banyak pegawai kemudian menghabiskan banyak anggaran.

“BUMD Gerbang Mas itu kini sudah berjalan baik dan sehat,” terangnya.

Direktur Perumda Bima Aneka Julhaidin saat diberi kesempatan untuk menyampaikan klarifikasi mengatakan, kaitan pembelanjaan di bulan Maret, dirinya menggunakan dana pribadi untuk mempercepat kegiatan. Seperti memperbaiki bangunan kantor, pengunaan partisi.

Di tengah dirinya menjelaskan sejumlah sorotan tersebut, ia juga menjelaskan dari Pagu Rp 2 miliar, yang sudah dibelanjakan hingga 31 Juli 2021 sebesar Rp 900 juta sekian. Pembelanjaan dihabiskan untuk aset.

“Sehingga total keseluruhan dibelanjakan itu Rp 1 miliar lebih, saldo hasil rekening koran tersisa 900 juta lebih,” sebut Rangga Babuju – sapaan akrabnya.

Lantaran alotnya RDP tersebut dan waktu berlalu hingga sore hari, akhirnya RDP kemudian akan diagendakan pada lain waktu. Diagendakan agar semua pihak – pihak terkait, termasuk tim yang dibentuk untuk merumuskan rencana bisnis dan RKA dihadirkan semua.

*Kahaba-01