Kabar Kota Bima

Dinas Dikbud Bakal Tertibkan PKBM Fiktif

399
×

Dinas Dikbud Bakal Tertibkan PKBM Fiktif

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menindaklanjuti laporan Inspektorat Kota Bima terkait sejumlah temuan PKBM fiktif, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) meningkatkan monitoring dan evaluasi (Monev).

Dinas Dikbud Bakal Tertibkan PKBM Fiktif - Kabar Harian Bima
Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H. Supratman. Foto: Bin

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima H Supratman menyampaikan, Monev saat ini tengah dilakukan secara ketat. Terutama pada lembaga belajar yang terindikasi bermasalah dan fiktif, tapi mendapatkan bantuan dana BOP.

Dinas Dikbud Bakal Tertibkan PKBM Fiktif - Kabar Harian Bima

“Hasil koordinasi awal dengan Bidang PNF, ada sekitar 10 persen PKBM diduga bermasalah dan fiktif,” ungkapnya, Kamis (30/9).

Dia menjelaskan, beberapa lembaga yang terindikasi bermasalah dan fiktif ini antaranya tidak memiliki warga belajar namun tetap tercatat sebagai siswa. Kemudian terdapat lembaga yang tidak melaksanakan ujian paket A maupun B, padahal status warga belajar sudah kelas VI dan IX.

“Monev ini untuk memperjelas status lembaga agar bantuan dana tepat sasaran dan tidak disalahgunakan,” tegasnya.

Mantan Kepala BKPSDM itu menambahkan, apabila hasil evaluasi nanti ditemukan PKBM fiktif, pemerintah akan membekukan dan mencabut izin beroperasi.

“Kalau sudah rampung hasil monev ini, nanti akan kami informasikan lembaga mana saja yang bermasalah dan akan dicabut izin operasionalnya,” tambah Supratman.

*Kahaba-04