oleh

Cegah Stunting, Dikes Galakan Aksi Bergizi

Kota Bima, Kahaba.- Jajaran Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Bima menggelar kegiatan aksi bergizi kepada sejumlah lembaga pendidikan tingkat SMP dan SMA, sebagai upaya untuk mencegah bahaya stunting.

Cegah Stunting, Dikes Galakan Aksi Bergizi - Kabar Harian Bima
Kabid kesehatan masyarakat (kesmas) abdul haris saat melaksanakan kegiatan aksi bergizi di sejumlah sekolah. Foto: ist

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dikes Kota Bima Abdul Haris menyampaikan, aksi bergizi ini dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam mengintervensi para remaja dengan memberikan suplemen gizi, yaitu dengan memberikan tablet penambah darah pada siswa, terutama pelajar putri.



“Aksi bergizi ini untuk memberikan suplemen pada remaja agar bisa sehat dan tangguh,” ujarnya, Selasa (19/10).

Haris menjelaskan, selain pemberian suplemen pihaknya juga menyampaikan sosialisasi pada remaja agar bisa terus mengembangkan kemampuan belajar. Terutama tentang kesehatan jasmani seperti kesehatan reproduksi, sikap dan perilaku.

“Berdasarkan data Dikes yang kita miliki, bahwa angka anemia pada remaja pada 25 sampai 30 persen. Maka solusinya harus dengan pemberian suplemen penambah darah,” katanya.

Haris menambahkan, tujuan pelaksanaan program ini untuk memperbaiki status gizi dan perilaku yang lebih sehat. Sehingga akan berdampak bagi peningkatan derajat kesehatan masyarakat, terutama kalangan remaja.

“Kegiatan ini lebih pada upaya pencegahan stunting, serta dapat menurunkan angka kematian ibu dan kematian bayi ke depan,” tambahnya.

*Kahaba-04


Kabar Terbaru