oleh

Kepala Kemenag Kota Bima Ajak Santri Siaga Jiwa Raga

Kota Bima, Kahaba.- Memperingati Hari Santri Nasional, jajaran Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima menggelar kegiatan upacara yang dipusatkan di halaman Pondok Pesantren Darul Hikmah Kelurahan Matakando, Jumat (22/10).

Kepala Kemenag Kota Bima Ajak Santri Siaga Jiwa Raga - Kabar Harian Bima
Upacara peringatan hari santri nasional yang dipimpin kepala kemenag kota bima h ahmad taufik di ponpes darul hikmah soncolela kecamatan matakando. Foto: ist

Acara tersebut turut dihadiri Kepala Kemenag H Ahmad Taufik, Kasi Penyelenggaraan Haji H Muhammad Safi’i, Kasi Binmas H Furkan Ar Roka, serta puluhan Kepala Ponpes dan ratusan santri.



H Ahmad Taufik saat sambutan menyampaikan, berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan ini merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad”, yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sejak ditetapkan tersebut kita rutin menyelenggarakan peringatan Hari Santri dengan tema yang berbeda,” jelasnya.

Menurut Ahmad, Hari Santri tahun ini mengangkat tema “Santri Siaga Jiwa Raga”. Tema ini merupakan bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela Tanah Air. Kemudian ikut mempertahankan persatuan negara dan mewujudkan perdamaian dunia.

“Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai dan ajaran Islam,” katanya.

Mantan Kepala Kemenag Sumbawa itu menambahkan, melalui tema Santri Siaga Jiwa Raga ini juga menjadi sangat penting dan relevan di era pandemi Covid-19. Dimana santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan, dan taat terhadap seluruh aturan.

*Kahaba-04


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru