oleh

Abhy Summer dan Fauzi Bima Masuk Nominasi AMI Award 2021

Kota Bima, Kahaba.- 2 orang musisi kenamaan asal Kota Bima menorehkan capaian prestasi cemerlang. Abhy Summer dan Fauzi Bima masuk Nominator Anugerah Musik Indonesia Award 2021 pada kategori yang berbeda. Keduanya berhasil menyisihkan ribuan karya musik terbaik anak bangsa. Berikut kami sajikan sejumlah fakta terkait mereka berdua.

Abhy Summer Dan Fauzi Bima Masuk Nominasi Ami Award 2021 - Kabar Harian Bima
Abhy summer dan fauzi bima. Foto: ist

Terpilih dari 4500-an lagu terbaik Indonesia

Anugerah Musik Indonesia merupakan even penghargaan tertinggi terhadap karya musik Indonesia. AMI menyaring lagu-lagu yang dirilis secara komersil baik dalam bentuk fisik maupun digital dalam rentang waktu 1 Juli 2020 sampai dengan 30 Juni 2021.



Dari 4.545 jumlah lagu yang masuk di terkumpul melalui pendaftaran online AMI 2021, lagu-lagu ini selanjutnya masuk ke tahap ketegorisasi dan voting untuk menuju nominasi.

Berdasarkan rilis AMI Award pada akun resminya, Abhy Summer, penyanyanyi solo asal kota Bima masuk nominasi kategori Karya Produksi Reggae/Ska/Rocksteady terbaik. Lagu yang ia nyanyikan berjudul Funny Greeny mengantarkannya berpeluang untuk memperoleh anugerah AMI 2021. (Baca. Abhy Ninetynine: Saya Cinta Jazz, Dangdut Juga)

Pada kategori yang sama, nama musisi kelahiran Kota Bima ini terpajang bersama nama-nama musisi kenamaan nasional lainnya seperti Ivan Nestorman, Rasvan Kikoo, Alfred The Alien, Skastra, Souljah, Jimi Multhazam, Ocan Siagian, Iga Massardi, DJ Kateratchy, Fauzan Lubis Sisitipsi, Bounty Ramadhan, dan Tuantigabelas.

Abhy yang dihubungi Kahaba mengungkapkan, ia merasa bangga karena karyanya masuk nominasi penghargaan tertinggi insan musik tanah air.

“Selama berpuluh-puluh tahun pelaksanaan AMI Awarad, baru pertama kalinya karya anak NTB masuk dan disejajarkan dengan karya-karya lain di Indonesia. Saya bangga bisa bersama Fauzi memecahkan rekor ini,” ungkapnya.

Mengenai kapan rencana malam puncak penganugerahannya, Abhy mengaku belum mendapatkan kabar. Karena masih dalam kondisi pengetatan akibat pandemi, kemungkinan acara tidak akan disiarkan di televisi.

“Saya belum tahu kapan jadwalnya, nanti akan dikabari lewat akun Instagram resmi AMI 2021,” katanya.

Abhy Summer Dan Fauzi Bima Masuk Nominasi Ami Award 2021 - Kabar Harian Bima
Nominasi kategori karya produksi reggae, ska, rocksteady untuk abhy summer. Foto: ist

Sementara itu Fauzi Bima, penyanyi sekaligus pencipta lagu masuk sebagai nominator pada kategori Pencipta Lagu Dangdut Terbaik. Lagu ciptaannya ‘Tak Mungkin Kembali’ sangat populer dan mengangkat nama Fauzi dalam deretan pencipta lagu kenamaan Indonesia.

Pada kategori Pencipta Lagu Dangdut Terbaik, ada sederet nama besar yang menjadi saingan Fauzi, diantaranya Adibal Sahrul (Kulepas Dengan Ikhlas), Caca Handika (Naik Becak Ke Istana), H. Ukat S (Baru Terasa), Ryan Kyoto, Litaly (Satu Jiwa Satu Nyawa).

Sama-Sama Kenyang Kompetisi Musik Tingkat Nasional

Abhy Summer dulu berkecimpung di dunia band. Ia pernah menjadi vokalis ‘Ninetynine’, sebuah band lokal kota Mataram dan sempat menggarap album. Sejak kuliah  pria kelahiran Bima ini kerap menjuarai lomba tarik suara antar mahasiswa.

Abhy semakin dikenal sejak lolos dalam audisi kompetisi bernyanyi level nasional di beberapa stasiun televisi. Dalam acara X Factor Indonesia tahun 2015, pria yang pernah juara 1 nasional di PEKSIMINAS (PEKAN SENI MAHASISWA NASIONAL 2012) di NTB ini tampil dengan nama Muhammad Habib Salim dan lolos setelah membawakan lagu Englishman In New York, yang dipopulerkan oleh Stings.

Walaupun tidak sampai menjadi juara X Factor, tetapi pengalaman di kompetisi itu mewarnai karirnya dalam bermusik.

Pada saat ini ia secara konsisten  juara pria yang juga 3 Bintang Radio Nasional di Papua 2013 bersamaan dengan juara A Mild Live Wanted Bali Nusra bersama Ninetynine, berkarya menghasilkan sejumlah album musik bergenre Blues, EDMFunk, R&B-Soul, Reggae, Rock, dan juga ikut menulis lagu yang ia bawakan sendiri. Lagu Funny Greeny merupakan salah satu karya terbaiknya dari album Black and Blue.

Abhy Summer Dan Fauzi Bima Masuk Nominasi Ami Award 2021 - Kabar Harian Bima
Nominasi kategori pencipta lagu dangdut terbaik untuk fauzi bima. Foto: ist

Tidak jauh berbeda dengan Abhy, nama Fauzi Bima juga bukan nama yang asing di telinga orang Bima. Fauzi yang memiliki kemampuan di bidang vokal bergenre dangdut juga merupakan jebolan ajang pencarian bakat televisi nasional. Pada tahun 2015 ia menjadi juara 3 acara Kontes Dangdut Indonesia (KDI).

Selain kemampuan bernyanyi, Fauzi juga sangat produktif dalam mencipta lagu. Hal ini dibuktikan dengan kemampuannya menciptakan lagu dangdut secara spontan saat tampil di pentas KDI. Lagu itu ia buat, nyanyikan, dan iringi sendiri dengan lantunan piano. Seorang artis bertalenta tinggi kebanggaan masyarakat Bima.

Pada saat ini, Fauzi Bima terpantau masih produktif berkarya. Fauzi Bima juga telah menelurkan 6 album berbahasa Bima yang hits di pasaran yang ia ciptakan sendiri.

Beberapa lagu ciptaannya dinyanyikan oleh artis-artis dangdut kenamaan seperti Ayu Ting Ting dan Ike Nurjannah, dan banyak diaransemen ulang oleh musisi dangdut tanah air.

Kesamaan Terakhir Keduanya yang Anda Perlu Tahu

Mungkin tidak banyak pembaca tahu, kalau Abhy Summer dan Fauzi Bima adalah 2 talenta yang secara kebetulan mirip. Bukan mirip dari wajah, namun keduanya seumuran karena lahir pada tahun yang sama.

Fauzi Bima terlahir di Bima tanggal 24 April 1988 putra dari Arifin. Sedangkan Abhy Summer lahir kelahiran Bima, 21 September 1988, buah hati dari  Arifudin HM Ali.

Ada satu lagi kemiripan antara keduanya. Abhy dan Fauzi kebetulan sama-sama anak dari mantan lurah Santi Kota Bima.

Luar biasa. Doa kita orang Bima adalah semoga mereka terpilih dalam AMI Award 2021 dan terus berkarya mengangkat nama baik daerah. Aamiin.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kabar Terbaru