Kabar Kota Bima

Dikbud Bentuk Tim Internal Tangani Temuan Benda Cagar Budaya

387
×

Dikbud Bentuk Tim Internal Tangani Temuan Benda Cagar Budaya

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah dihebohkan dengan temuan sejumlah benda cagar budaya di Kelurahan Jatibaru akhir tahun 2021 lalu, upaya Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Dikbud untuk menghadirkan tim ahli peneliti benda cagar budaya dari Denpasar, masih terkendala biaya.

Dikbud Bentuk Tim Internal Tangani Temuan Benda Cagar Budaya - Kabar Harian Bima
Kabid Kebudayaan Dinas Dikbud Kota Bima Munawar. Foto: Ist

Kepala Dinas Dikbud Kota Bima melalui Kabid Kebudayaan Munawar menyampaikan, berdasarkan hasil koordinasi tim peneliti dari Denpasar, belum bisa hadir karena terkendala dana yang telah digunakan untuk penanganan Covid-19.

Dikbud Bentuk Tim Internal Tangani Temuan Benda Cagar Budaya - Kabar Harian Bima

“Karena ada kendala tersebut, kami membentuk tim ahli cagar budaya internal pemerintah untuk melakukan penelitian,” jelasnya, Selasa (17/1).

Menurut Munawar, tim ahli yang tersebut terdiri dari arkeolog, sejarah, arsitek yang memiliki kompotensi disetiap bidangnya. Sehingga dapat membantu pemerintah untuk menelusuri sejarah benda cagar budaya itu.

“Tim akan segera bekerja dalam beberapa pekan ke depan,” katanya.

Guna memudahkan proses pekerjaan tersebut, pihaknya sudah berkomunikasi dengan warga yang menemukan benda cagar budaya tersebut untuk menyimpan dengan baik dan tidak menjualnya.

“Warga masih menyimpannya dengan baik, sambil menunggu tim untuk meneliti,” tambahnya.

*Kahaba-04