Kabar Kota Bima

Cegah DBD, Pemdes Cenggu Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

420
×

Cegah DBD, Pemdes Cenggu Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Sebarkan artikel ini

Kabupaten Bima, Kahaba.- Pemerintah Desa (Pemdes) Cenggu menggelar kegiatan gotong royong pembersihan lingkungan di Dusun III, Kamis kemarin bersama masyarakat guna mencegah munculnya penyakit DBD.

Cegah DBD, Pemdes Cenggu Gotong Royong Bersihkan Lingkungan - Kabar Harian Bima
Pemdes Cenggu dan masyarakat saat menggelar gotong royong membersihkan lingkungan. Foto: Ahyar

Kepala Desa Cenggu Syafruddin AR mengatakan, sekarang musim hujan, melalui kegiatan penataan dan pembersihan lingkungan ini menjadi langkah pencegahan penyebaran DBD.

Cegah DBD, Pemdes Cenggu Gotong Royong Bersihkan Lingkungan - Kabar Harian Bima

“Kemarin ada salah satu warga kita yang terjangkit DBD. Maka, penting gotong royong ini dilaksanakan langkah dan upaya penyadaran terhadap masyarakat agar selalu menjaga kebersihan,” katanya.

Selain menjaga kebersihan sambungnya, kegiatan ini juga mengembalikan budaya gotong royong yang sudah lama hilang semenjak adanya anggaran ADD dan DDA.

“Ini jadi langkah awal yang tentunya menjadi contoh untuk dusun-dusun lain, agar kita tidak selalu berharap terhadap anggaran desa,” ungkapnya.

Selain gotong royong kebersihan lingkungan, pihaknya juga bersama masyarakat Dusun III dibantu Babinsa memperbaiki irigasi yang rusak, guna mencegah meluapnya air ke pemukiman warga.

“Kegiatan seperti ini juga nanti akan dilanjutkan di dusun-dusun lain,” ujarnya

Kades juga berharap, selain kegiatan gotong royong, diminta masyarakat Cenggu agar setiap pekan selalu membersihkan bak mandi dan menjaga kebersihan, agar tidak ada warga yang terjangkit penyakit mematikan tersebut.

*Kahaba-09