Kabar Kota Bima

Reses di Pane, Dewan Diminta Prioritaskan Lahan Kuburan, Drainase dan Dana Bakulan

446
×

Reses di Pane, Dewan Diminta Prioritaskan Lahan Kuburan, Drainase dan Dana Bakulan

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Memasuki hari ketiga pelaksanaan reses untuk menyerap aspirasi masyarakat, 3 Anggota DPRD Kota Bima Taufik HA Karim, Sudirman DJ dan Hj Ipa Suka kini menyambangi warga Kelurahan Pane Kecamatan Rasanae Barat, di aula Kantor Kelurahan Pane, Sabtu (12/2). Kegiatan dimaksud turut hadir Lurah Pane Khairul Amar, Ketua LPM Najib Sulaiman dan puluhan tokoh masyarakat.

Reses di Pane, Dewan Diminta Prioritaskan Lahan Kuburan, Drainase dan Dana Bakulan - Kabar Harian Bima
Suasana reses wakil rakyat di Kelurahan Pane. Foto: Eric

Saat sesi usulan, Ketua RW 01 Rafiudin menyampaikan persoalan saluran irigasi yang tersumbat di Kuburan Rade Dese di Kelurahan Nae. Sehingga hujan lebat, yang meluap ke wilayah selatan pemukiman warga Kelurahan Pane.

Reses di Pane, Dewan Diminta Prioritaskan Lahan Kuburan, Drainase dan Dana Bakulan - Kabar Harian Bima

Hal penting lainnya adalah kondisi Kuburan Bata Pane yang sudah penuh, sehingga pemerintah harus segera mencari lahan kuburan baru untuk masyarakat.

“Perbaikan irigasi dan lahan kuburan baru ini semoga menjadi program prioritas pemerintah, karena berkaitan keselamatan warga dan hajat sosial masyarakat,” ujarnya.

Kemudian warga RT 12 Juraidin bersama Siti Maimunah mengusulkan hal yang sama, yaitu bantuan berupa modal usaha, pelatihan tata boga serta bantuan alat usaha mikro.

“Saat ini pandemi Covid-19 masih dan berdampak pada perekonomian masyarakat. Apalagi warga kelurahan setempat mayoritas menggeluti dunia usaha, terutama usaha kecil menengah yang membutuhkan perhatian dan sentuhan pemerintah,” katanya.

Menjawab aspirasi yang diajukan warga, Duta Partai Gerindra Sudirman DJ mengungkapkan, mengenai irigasi yang tersumbat tersebut dia akan segera berkoordinasi dengan dinas PUPR untuk melakukan normalisasi. Terutama pengerukan akibat sedimentasi.

“Soal kuburan, berdasarkan hasil komunikasi sebelumnya dengan kepala daerah, sudah sepakat akan mencari lahan baru dan beliau siap akan mengupayakan hal ini terwujud. Karena memang Kuburan Bata Pane sudah penuh,” bebernya.

Kemudian terkait bantuan dana, alat serta pelatihan bagi pelaku usaha kuliner, wakil rakyat 3 periode akan berkomunikasi dengan instansi terkait untuk berkoordinasi tentang program bantuan usaha tersebut.

“Apabila program bantuan ini ada, maka diminta para pedagang bakulan dan pelaku usaha kecil lainnya untuk menyampaikan proposal, sehingga bisa kami bantu untuk merealisasikan,” tandasnya.

*Kahaba-04