Kabar Kota Bima

40 Mahasiswi Akbid Harapan Bunda Ikut PKL di 6 PKM

386
×

40 Mahasiswi Akbid Harapan Bunda Ikut PKL di 6 PKM

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Aplikasikan materi ilmu yang telah didapatkan di bangku kuliah, 40 mahasiswi Akademi Kebidanan (Akbid) Harapan Bunda Bima mengikuti kegiatan Praktek Kerja Lapang (PKL). Kegiatan yang dimulai tanggal 10 sampai 29 Januari tersebut tersebar di 6 wikayah Puskesmas (PKM) se-Kota Bima.

40 Mahasiswi Akbid Harapan Bunda Ikut PKL di 6 PKM - Kabar Harian Bima
Foto bersama 40 mahasiswi Akbid Harapan Bunda angkatan XIII bersama dosen dan perwakilan Dinas Kesehatan Kota Bima sebelum pelepasan PKL. Foto: Ist

Direktur Akbid Harapan Bunda Bima Maya Febriyanti menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan program tahunan guna mengaplikasikan ilmu keperawatan dan kebidanan yang diperoleh.

40 Mahasiswi Akbid Harapan Bunda Ikut PKL di 6 PKM - Kabar Harian Bima

“PKL ini sebagai bentuk pengalaman bagi mahasiswi, agar mengerti dan memahami tahapan dan prosedur penanganan medis terhadap pasien,” ujarnya, Senin (10/1).

Ia menjelaskan, terdapat sejumlah tahapan selama mengikuti PKL di antaranya mahasiswi bisa mengidentifikasi masalah kesehatan, melakukan penyuluhan kesehatan hingga menjalin komunikasi dan koordinasi lintas program dan sektoral dengan pihak terkait.

“Melalui PKL ini mahasiswi diharapkan mampu dan tanggap terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat,” katanya.

Maya menambahkan, selama mengikuti PKL lebih dari 2 pekan, mahasiswi ditugaskan untuk menangani ibu hamil yang berisiko, juga terlebih dahulu dengan mengunjungi rumah pasien dan memeriksa kondisi kesehatan sebelum ditangani puskesmas ataupun rumah sakit.

“Selain penanganan ibu hamil, mahasiswi juga harus memberikan asuhan kebidanan pada keluarga tersebut, yaitu dengan memberikan penyuluhan tentang prosedur penanganan medis saat hamil hingga proses melahirkan,” tambahnya.

*Kahaba-04