oleh

STKIP Bima Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Buruan Mendaftar

Kota Bima, Kahaba.- Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima mulai membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023. Kampus yang mengusung visi Menjadi Perguruan Tinggi Uggul, Humanis dan Berdaya Saing 2045 itu selain membuka pendaftara offline, juga membuka pendaftaran online dengan alamat link : https//www.pmb.stkipbima.ac.id

STKIP Bima Buka Penerimaan Mahasiswa Baru, Buruan Mendaftar - Kabar Harian Bima
panitia penerimaan mahasiswa baru STKIP Bima Fahruddin. Foto: Bin

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru STKIP Bima Fahruddin menjelaskan, jadwal pendaftaran terbagi dalam 2 gelombang. Gelombang pertama, pendaftara dibuka mulai tanggal 1 Februari sampai dengan 4 Juni 2022. Seleksinya akan dilaksanakan pada tanggal 6 Juni 2022 dan pengumuman pada tanggal 9 Juni 2022.



Kemudian pada gelombang kedua, pendaftaran dibuka mulai tanggal 6 Juni 2022 sampai dengan 27 Agustus 2022. Seleksi dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus 2022 dan pengumuman pada tanggal 31 Agustus 2022.

“Untuk biaya pendaftaran, membayar Rp 150 ribu bagi calon mahasiswa baru berijazah SMA sederajat, Rp 300 ribu untuk calon mahasiswa baru berijazah D.III dan biaya pendaftara ulang sebesar Rp 300 ribu,” sebut Fahruddin saat ditemui di kampus STKIP Bima, Kamis (24/2).

Baca:   Diserang, Satu Mahasiswa STKIP Terluka

Bagi lulusan SMA dan sederajat yang ingin mendaftar, cukup dengan mengisi formulir pendaftaran, fotocopy ijazah yang sudah dilegalisir, fotocopy STTB/SKHU sebanyak 3 lembar, fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, menyiapkan pas foto berwarna dengan berpakaian rapi 2×3 cm sebanyak 3 lembar, 3×4 cm sebanyak 3 lembar dan 4×6 cm sebanyak 3 lembar.

“Bagi calon mahasiswa yang berijazah D.III harap melampirkan transkip nilai dan ijazah D.III, juga melampirkan bukti pembayaran dari Bank yang telah ditentukan,” jelasnya.

Menurutnya, kuliah di STKIP Bima merupakan pilihan yang sangat tepat, dengan jurusan dan program studi yang tersedia seperti Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling. Jurusan Pendidikan IPS, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Pendidikan Sosiologi.

Baca:   STKIP Bima Bazar Makanan Khas Bima di Acara Seminar Nasional

Kemudian Jurusan MIPA, Program Studi  S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika dan S1 Pendidikan Kimia. Semua program studi yang disebutkan tersebut juga sudah terakreditasi.

“Biaya kuliah dapat dilakukan pada tiap semester melalui BRI dengan rincian uang pembangunan Rp 1 juta selama kuliah, uang SPP Rp 1.100.000 per semester, Uang SKS Rp 50.000 per SKS dan Heregistrasi Rp 30.000 per semester,” sebutnya.

Fahruddin juga menjelaskan, di STKIP Bima memiliki staf pengajar yang terdiri dari Dosen Yayasan damn Dose DPK LLDikti Wilayah VIII dengan kualifikasi S2 dan S3. Para dosen terinci sebanyak Dosen DPK 3 orang, Doktor sebanyak 8 orang, Calon Doktor 10 orang, Magister 85 orang, Dosen NDIK 2 orang, sehingga total dosen STKIP Bima sebanyak 91 orang.

Baca:   STKIP Bima Adakan Pembekalan KKN

Kemudian untuk fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan sambungnya, STKIP Bima memiliki sejumlah fasilitas memadai dalam menunjang aktivitas akademik mahasiswa meliputi 6 gedung perkuliahan yang representatif dan terdiri dari 66 ruangan kelas, 1 ruangan perpustakaan dengan koleksi buku-buku penunjang kuliah, 3 Laboratorium Pendidikan MIPA, 1 Laboratorium Bimbingan dan Konseling.

STKIP Bima juga memiliki 1 Laboratorium Komputer Multimedia, 1 Laboratorium Micro Teaching, 1 unit Pelaksana Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1 Gedung Auditorium, Mushollah, 1 Unit Wall Climbing dan Lapangan Olahraga.

“Bantuan pendidikan, STKIP Bima juga menyediakan Beasiswa KIP – Kuliah, Beasiswa Miskin Berprestasi (NTB Gemilang), Bantuan Uang Kuliah Tunggal dan Bantuan Tugas Akhir,” tambahnya.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.