Kabar Kota Bima

Siswa SMKN 2 Kota Bima Juara Lomba Daur Ulang Sampah

759
×

Siswa SMKN 2 Kota Bima Juara Lomba Daur Ulang Sampah

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Siswa SMKN 2 Kota Bima Jurusan Kompetensi Keahlian Kimia Industri, Muhammad Syahrullah dan Muhammad Yusril berhasil menyabet juara lomba daur ulang sampah, yang diselenggarakan Komunitas Hijau JAO Bima di Fix Laluna Lawata Kota Bima.

Siswa SMKN 2 Kota Bima Juara Lomba Daur Ulang Sampah - Kabar Harian Bima
Muhammad Syahrullah dan Muhammad Yusril, siswa SMKN 2 Kota BIma yang menjuarai Lomba Daur Ulang Sampah. Foto: Eric

Kedua siswa tersebut berhasil mengungguli 2 sekolah lain SMKPP Negeri Bima dan MAN 2 Kota Bima. Pada presentasi hasil karya, para juara mendapatkan hadiah piala, plakat dan dan dana pembinaan.

Siswa SMKN 2 Kota Bima Juara Lomba Daur Ulang Sampah - Kabar Harian Bima

Ketua Panitia Lomba Abdurrahman menjelaskan, kegiatan itu dihelat dalam rangka memeriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

“Lomba ini perdana dilalukan, Insya Allah setiap tahun akan diadakan,” ujarnya, Senin (73).

Abdurrahman menjelaskan, lomba yang digelar ini selain memperingati HPSN juga untuk menyadarkan masyarakat Bima pada umumnya, terlebih siswa dan siswi SMA dan sederajat dalam hal kebermanfaatan sampah yang ada di daerah.

“Berdasarkan kondisi Bima saat ini, masih banyak sampah yang dalam sehari dibuang disembarang tempat,” katanya.

Maka dengan jumlah sampah yang banyak ini terang Abdurrahman, Komunitas Hijau JAO menggelar lomba daur ulang sampah sebagai salah satu upaya agar sampah bernilai guna dan ekonomis.

“Melalui lomba yang kami gelar ini, besar harapan masyarakat terutama generasi muda dapat mengembangkan kreativitas dengan mengelola sampah menjadi barang yang berharga di lingkungan tempat tinggalnya,” harapnya.

Sebelumnya, panitia telah menyeleksi hasil karya melalui video 20 peserta dari siswa SMA/SMK/MA sederajat dari Kota Bima dan Kabupaten Bima. Terpilih 3 finalis yang lolos untuk mempresentasikan hasil karyanya di hadapan juri di Fix Laluna Lawata Kota Bima.

Sementara itu, Kepala SMKN 2 Kota Bima Faturahman menyampaikan rasa bangga dan syukur dengan torehan prestasi yang diraih siswanya. Tentu keberhasilan tersebut tidak lepas dari tangan dingin guru pembina mata pelajaran, yang senantiasa membimbing dan mengarahkan hingga meraih prestasi.

“Kami pihak sekolah terus mendorong guru dan siswa untuk mengembangkan diri, melalui minat dan bakat berdasarkan kompetensi kejuruan dengan dukungan pendanaan dan motivasi. Semoga yang diraih siswa kami ini, dapat melecut semangat siswa lain untuk meraih prestasi,” tambahnya.

*Kahaba-04