oleh

Datangi Sekolah, STKIP Bima Gencar Sosialiasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2022/2023, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima gencar turun ke sekolah – sekolah menengah umum dan sederajat untuk sosialisasi.

Datangi Sekolah, STKIP Bima Gencar Sosialiasi Penerimaan Mahasiswa Baru - Kabar Harian Bima
STKIP Bima saat sosialisasi penerimaan calon mahasiswa baru di sekolah-sekolah. Foto: Ist

Ketua panitia penerimaan mahasiswa baru STKIP Bima Faharuddin mengakui, pekan kemarin turun dibeberapa sekolah. Pertama di SMKN 1 Kota Bima, berlanjut di SMA Kae, kemudian SMKN 8 Monta.



“Sambutan dari sekolah luar biasa, mereka sangat respon, dan meminta untuk diberikan kesempatan waktu karena persiapan ujian,” katanya, Senin (14/3).

Selain di Bima, pihaknya juga menyambangi sekolah – sekolah di Kabupaten Dompu bahkan di Labuan Bajo. Mensosialisasikan penerimaan mahasiswa baru yang sudah dibuka sejak awal Februari tahun 2022.

“Di Labuan Bajo justru kami dibantu para alumni STKIP yang sudah menjadi guru. Mereka sangat gembira dan akan ikut membantu sosialisasikan,” ujar Faharuddin.

Diakuinya, sosialisasi ini berjalan dengan baik karena sudah memang sudah lama terjalin kerjasama dengan para kepala sekolah dan guru. Karjasama dimaksud seperti kegiatan PPL Mahasiswa, workshop tentang karya ilmiah. Maka, dipastikan akan ada siswa dari masing-masing sekolah yang didatangi akan mendaftar di STKIP Bima.

Baca:   Kebakaran Melanda Gedung Prodi Ekonomi STKIP Bima
Datangi Sekolah, STKIP Bima Gencar Sosialiasi Penerimaan Mahasiswa Baru - Kabar Harian Bima
Sosialisasi penerimaan calon mahasiswa baru STKIP Bima di sekolah-sekolah. Foto: Ist

“Siswa-siswi juga mengaku siap dan tertarik masuk di STKIP Bima. Karena selain dekat, juga tertarik dengan tawaran mengenai beasiswa KIP. Alhamdulillah banyak yang sangat tertarik,” terangnya.

Menurut dia, meski kuliah di luar daerah juga mendapatkan KIP, tapi seleksi sangat ketat. Namun di STKIP Bima, juga disampaikan kabar gembira bahwa ada peningkatan jumlah penerima KIP dari  yang sebelumnya sebanyak 350 orang.

Kini, menurut informasi dari DIKTI, karena kampus STKIP Bima diakui penyaluran KIP selama ini berjalan baik. Setelah dipotong biaya kuliah persemester, maka diterima utuh oleh mahasiswa sebanyak Rp 4,8 juta.

“Orang tua mahasiswa juga mengaku bangga karena tidak ada pemotongan,” bebernya.

Rencana untuk sosialisasi tersebut sambung Faharuddin, jajarannya akan gencar sosialisasi seluruh SMA dan SMK. Saat sosialisasi selalu disampaikan kelebihan dan keunggulan STKIP Bima. Termasuk berdasarkan hasil riset lembaga internasional Webometrics, diketahui jika STKIP Bima mendapatkan perangkingan kampus nomor 1 di Bima-Dompu. Sementara di NTB berada pada urutan 9.

Baca:   Yayasan STKIP Bima Diganti, Pengurus Yayasan Lama Keberatan  

“Juga saat sosialisasi disampaikan rencana STKIP Bima yag sedang diupayakan menjadi Universitas Nggusu Waru, menambah ketertarikan guru dan siswa,” tambahnya.

Datangi Sekolah, STKIP Bima Gencar Sosialiasi Penerimaan Mahasiswa Baru - Kabar Harian Bima
Foto bersama jajaran STKIP Bima usai sosialisasi disejumlah sekolah. Foto: Ist

Ia menjelaskan, kuliah di STKIP Bima merupakan pilihan yang sangat tepat, dengan jurusan dan program studi yang tersedia seperti Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling. Jurusan Pendidikan IPS, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dan S1 Pendidikan Sosiologi.

Kemudian Jurusan MIPA, Program Studi  S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Fisika dan S1 Pendidikan Kimia. Semua program studi yang disebutkan tersebut juga sudah terakreditasi.

“Biaya kuliah dapat dilakukan pada tiap semester melalui BRI dengan rincian uang pembangunan Rp 1 juta selama kuliah, uang SPP Rp 1.100.000 per semester, Uang SKS Rp 30.000 per SKS dan Heregistrasi Rp 30.000 per semester,” sebutnya.

Baca:   Mulai Besok Mahasiswa STKIP Aktif Kuliah

Faharuddin juga menjelaskan, di STKIP Bima memiliki staf pengajar yang terdiri dari Dosen Yayasan damn Dose DPK LLDikti Wilayah VIII dengan kualifikasi S2 dan S3. Para dosen terinci sebanyak Dosen DPK 3 orang, Doktor sebanyak 8 orang, Calon Doktor 10 orang, Magister 85 orang, Dosen NDIK 2 orang, sehingga total dosen STKIP Bima sebanyak 91 orang.

Kemudian untuk fasilitas, sarana dan prasarana pendidikan sambungnya, STKIP Bima memiliki sejumlah fasilitas memadai dalam menunjang aktivitas akademik mahasiswa meliputi 6 gedung perkuliahan yang representatif dan terdiri dari 66 ruangan kelas, 1 ruangan perpustakaan dengan koleksi buku-buku penunjang kuliah, 3 Laboratorium Pendidikan MIPA, 1 Laboratorium Bimbingan dan Konseling.

Kemudian STKIP Bima juga memiliki 1 Laboratorium Komputer Multimedia, 1 Laboratorium Micro Teaching, 1 unit Pelaksana Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1 Gedung Auditorium, Mushollah, 1 Unit Wall Climbing dan Lapangan Olahraga.

“Bantuan pendidikan, STKIP Bima juga menyediakan Beasiswa KIP – Kuliah, Beasiswa Miskin Berprestasi (NTB Gemilang), Bantuan Uang Kuliah Tunggal dan Bantuan Tugas Akhir,” pungkasnya.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.