Kabar Kota Bima

Dinsos Peringatkan, Muskel Verifikasi DTKS Harus Selesai 20 Maret 2022

761
×

Dinsos Peringatkan, Muskel Verifikasi DTKS Harus Selesai 20 Maret 2022

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Sosial Kota Bima telah memperingatkan 41 kelurahan untuk segera menyelesaikan Musyawarah Kelurahan (Muskel), dalam rangka verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dinsos Peringatkan, Muskel Verifikasi DTKS Harus Selesai 20 Maret 2022 - Kabar Harian Bima
Plt Kepala Dinas Sosial H Gawis. Foto: Bin

Plt Kepala Dinas Sosial H Gawis mengungkapkan, Muskel sudah hampir 50 persen berjalan. Sekitar 20 kelurahan sudah menyelesaikan. Setengah kelurahan lagi akan diupayakan secepatnya selesai bulan ini.

Dinsos Peringatkan, Muskel Verifikasi DTKS Harus Selesai 20 Maret 2022 - Kabar Harian Bima

“Kami di dinas sudah memperingatkan semua kelurahan, agar Muskel harus selesai semua tanggal 20 Maret 2022 ini,” katanya, Selasa (15/3).

Kegiatan tersebut diakui Gawis, Dinsos yang mendorong untuk dipercepat. Pihaknya juga sudah menyerahkan DTKS lama ke semua pemerintah kelurahan, untuk pemutakhiran.

“Jadi nanti akan diverifikasi dan validasi mana yang sudah meningal dunia, pindah dan penambahan keluarga baru,”  jelasnya.

Menurut dia, DTKS hasil Muskel ini pada akhirnya menjadi data sentral untuk semua bantuan sosial yang anggarannya bersumber dari pemerintah pusat. Sementara bantuan dari daerah, masih ada beberapa kriteria-kriteria lain di luar DTKS, termasuk hal-hal yang bersifat darurat.

Ia menambahkan, Muskel hingga tanggal 20 Maret 2022 tersebut merupakan kegiatan serentak yang harus dilakukan pemerintah kelurahan.

“Tapi kalau bisa Muskel DTKS ini dilakukan setiap bulan, agar data-data yang menyangkut bantuan benar-benar valid dan distribusi bantuan bisa tepat sasaran,” tambahnya.

*Kahaba-01