oleh

Optimalisasi Peran dan Fungsi, DPRD Kota Bima Bimtek di Bandung

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka optimalisasi peran dan fungsi DPRD dalam menjalankan fungsi anggaran dan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah, para wakil rakyat di Kota Bima melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kota Bandung Jawa Barat.

Optimalisasi Peran dan Fungsi, DPRD Kota Bima Bimtek di Bandung - Kabar Harian Bima
DPRD Kota Bima saat Bimtek di Kota Bandung. Foto: Ist

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut, bekerja sama dengan Universitas Sangga Buana. Hadir sebagai sebagai narasumber yakni Guru Besar IPDN Fernandes Simangungsong, Direktorat Pendapatan Daerah Kemendagri Fernando Siagian dan Rektor Universitas Sangga Buana.



Sekretaris DPRD Kota Bima H Muhaddin menjelaskan, Bimtek optimalisasi peran dan fungsi wakil rakyat ini dengan tema perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah. Dengan harapan, terwujud penguatan pada pelaksanan fungsi penganggaran dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta perencanaan anggaran dan pengawasan pelaksanaan APBD.

Baca:   3 Legislator Dapil I Tampung Aspirasi Warga Oi Mbo dan Oi Fo'o

“Alhamdulillah 2 hari kegiatan, berjalan lancar. Tinggal mengikuti kegiatan hari ketiga yag dilaksanakan besok,” katanya, Selasa (15/3).

Menurut Muhiddin, secara umum para wakil rakyat Kota Bima menerima penjelasan dari narasumber mengenai arah kebijakan penerapan Permendagri Nomor 77 Tahun 2020, tentang pedoman teknis pengelolaan keuangan daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019.

Baca:   Bappeda Gelar Bimtek e-Musrenbang

Karena sesungguhnya keuangan daerah adalah semua hak dan kewajiban daerah dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan daerah, yang dapat dinilai dengan uang serta segala bentuk kekayaan yang dapat dijadikan milik daerah berhubung dengan hak dan kewajiban daerah tersebut.

“Pengelolaan keuangan daerah adalah keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungiawaban, dan pengawasan keuangan daerah,” jelasnya.

Baca:   Jenazah Pasien Covid-19 Dipulangkan Tanpa Protokoler, Dewan: Polisi Melakukan Pembiaran

Ia menambahkan, dari Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan anggota DPRD Kota Bima dalam menjalankan tugas, peran dan fungsinya secara optimal. Memahami regulasi dan isu-isu strategis yang terkait dengan pemerintah daerah, sehingga pada akhirnya tercipta pemerintahan yang good govermance.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.