Kabar Kota Bima

Hari TBC se-Dunia, Dikes Screening Pegawai Setda

588
×

Hari TBC se-Dunia, Dikes Screening Pegawai Setda

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dalam rangka hari TBC se-dunia yang diperingati setiap tanggal 24 Maret, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kesehatan (Dikes) melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan (screening) terpadu Penyakit Tidak Menular (PTM) dan TBC.

Hari TBC se-Dunia, Dikes Screening Pegawai Setda - Kabar Harian Bima
Kegiatan Screening Terpadu Penyakit TBC dan Penyakit Tidak Menular (PTM) di Aula Kantor Pemerintah Kota Bima. Foto: Eric

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari mulai Selasa sampai Kamis (22-24/3) tersebut dipusatkan di Aula Kantor Pemerintah Kota Bima.

Hari TBC se-Dunia, Dikes Screening Pegawai Setda - Kabar Harian Bima

Kabid P3PL Dinas Kesehatan Kota Bima Syafruddin menyampaikan, screening itu bertujuan untuk mengecek kondisi kesehatan jasmani dan rohani seluruh pegawai di sekretariat daerah.

“Agar lebih dini mendeteksi potensi penyakit tidak menular dan TBC aparatur,” jelasnya.

Screening yang dilakukan tersebut berupa pengambilan sampel darah kemudian diperiksa melalui alat yang telah disediakan. Adapun screening ini untuk mendeteksi lebih dini sejumlah penyakit yang bisa dialami, di antaranya hipertensi, jantung, pembuluh darah, stroke, ginjal, asam urat dan lainnya.

“Kegiatan ini sebagai bentuk kontrol saja, agar pegawai bisa mendeteksi lebih dini kondisi kesehatan yang dialami saat ini,” katanya.

Syarifuddin mengaku, untuk hari pertama sudah ada puluhan pegawai yang telah melakukan screening. Sedangkan target dalam 2 hari ke depan, seluruh pegawai di sekretariat daerah sudah discreening.

“Semoga dalam 3 hari kegiatan ini seluruh pegawai telah discreening,” harapnya.

*Kahaba-04