oleh

Apoteker Teladan Dikes Kota Bima Hadir dengan Inovasi SI LUNA

Kota Bima, Kahaba.- Di Dinas Kesehatan Kota Bima memiliki banyak inovasi yang diharapkan bisa membantu masyarakat. Inovasi kali ini digagas oleh Widyanti, perempuan yang pernah menyabet Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional Tahun 2017 dan Master Agent of Change (Agen Perubahan) Gema Cermat Tingkat Nasional Tahun 2019 lalu.

Apoteker Teladan Dikes Kota Bima Hadir dengan Inovasi SI LUNA - Kabar Harian Bima
Penggagas Inovasi SI LUNA, Widyanti. Foto: Ist

Inovasi yang dibuat Widyanti yakni Aksi Penyalahgunaan Obat atau disingkat SI LUNA aktif bergerak di tahun 2019, dengan harapan mampu memberikan kontribusi bagi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang berkelanjutan.



Kepada media ini Widyanti menjelaskan, permasalahan penyalahgunaan obat-obatan bukan lagi sesuatu hal yang baru di Kota Bima. Tidak terkecuali di tingkat para pelajar sebagai generasi muda bangsa.

Baca:   Ratusan Warga Kabupaten Bima Terjangkit DBD

Dengan beragam persoalan tersebut, diperlukan upaya-upaya pencegahan melalui pendekatan keluarga, pemberian informasi dan edukasi kepada masyarakat secara luas,aktif dan berkesinambungan.

Apoteker Teladan Dikes Kota Bima Hadir dengan Inovasi SI LUNA - Kabar Harian Bima
Widyanti saat turun ke masyarakat untuk pendekatan terkait penyalahgunaan obat-obatan. Foto: Ist

“Kenakalan remaja saat ini semakin mengkhawatirkan, tak hanya aksi kekerasan seperti tawuran. Tapi mereka juga melakukan kenakalan lain berupa penyalahgunaan obat – obatan,* ungkapnya.

Menurut dia, biasanya para pelaku penyalahgunaan obat-obatan ini mengunakan obat tertentu yang ada di warung –warung yang secara mudah di dapat. Trend ini yang terjadi di kalangan remaja, karena mereka menganggap itu bagian dari tantangan.

Baca:   H. Azhari: Sekretaris PKM Jangan Sok Pintar

“Dan mereka sengaja menambah dosis-dosis obat untuk mendapatkan efek seperti mabuk, fly, halusinasi hingga euphoria,” jelasnya.

Apoteker Teladan Dikes Kota Bima Hadir dengan Inovasi SI LUNA - Kabar Harian Bima
Apoteker Teladan Kota Bima Widyanti saat turun ke masyarakat untuk sosialisasi Inovasi SI LUNA. Foto: Ist

Maka, SI LUNA hadir di tengah – tengah masyarakat sebagai bagian solusi untuk melakukan pendekatan keluarga melalui komunikasi, kemudian memberikan edukasi dan informasi tentang penyalahgunaan obat-obatan, sebagaimana telah diinstruksikan Presiden Republik Indonesia Nomor 02 Tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan precursor narkotika 2020-2024.

Baca:   Januari 2022, 7 Warga Kota Bima Dirawat karena Demam Berdarah

Widyanti mengungkapkan, kegiatan SI LUNA kini telah mampu menyentuh berbagai kalangan, baik lingkup pemerintahan, tingkat sekolah dasar, SMP maupun SMA serta masyarakat secara luas.

Dengan bergerak bersama organisasi di sektor pemerintahan dan organisasi profesi, SI LUNA mampu memberikan semangat baru bagi keluarga khususnya, agar lebih mawas diri dan lebih dekat dengan anggota keluarga satu sama lain.

“SI LUNA merupakan inovasi pelayanan publik satu-satunya di Kota Bima yang menggagas terkait penyalahgunaan obat,” tambahnya.

*Kahaba-01

 


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.