Kabar Kota Bima

Evaluasi SAKIP, Kota Bima Raih Nilai B

621
×

Evaluasi SAKIP, Kota Bima Raih Nilai B

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Kemenpan RB baru saja merilis hasil nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) setiap daerah di Indonesia. Kota Bima sendiri harus puas dengan merah nilai B.

Evaluasi SAKIP, Kota Bima Raih Nilai B - Kabar Harian Bima
Kabag Organisasi Setda Kota Bima Ihya Ghazali. Foto: Eric

Kabag OPA Setda Kota Bima Ihya Gazali menyampaikan, hasil evaluasi akuntabiltas kinerja instansi pemerintah daerah tahun 2021, Pemerintah Kota Bima memperoleh nilai SAKIP 68,69 atau predikat baik (B), sedangkan untuk nilai RB 54,04 dengan predikat cukup (CC).

Evaluasi SAKIP, Kota Bima Raih Nilai B - Kabar Harian Bima

“Penilaian tersebut menunjukan tingkat efektifitas dan efesiensi penggunaan anggaran, dibandingan dengan capaian kinerja, kualitas pembangunan budaya kinerja biorokrasi dan penyelenggaraan pemerintah,” jelasnya, Kamis (6/4).

Menurut Gazali, jika dibandingkan nilai SAKIP dan RB pada tahun sebelumnya. Terdapat peningkatan penilaian yaitu SAKIP dari 68,48 menjadi 68,69, sedangkan nilai RB dari 50,18 menjadi 54,04.

“Adanya peningkatan penilaian ini tentu akan menjadi motivasi bagi Pemerintah Kota Bima untuk terus melakukan upaya perbaikan dan penerapan dan penguatan SAKIP dan RB kedepan,” katanya.

Mantan Kabag Humas tersebut menambahkan, adapun 5 komponen penilaian SAKIP di antaranya yaitu, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan capaian kinerja.

Sementara untuk penialian RB terdapat 9 item di antaranya, kualitas kebijakan, ASN profesional, sistem pemerintahan berbasis elektronik, kualitas pengelolaan pengadaan barang dan jasa, kualitas pelayanan publik, kualitas kapabilitas APIP, maturitas SPIP, kepatuhan terhadap standar pelayanan publik dan kualitas pengelolaan arsip.

*Kahaba-04