Kabar Kota Bima

Puting Beliung di Kota Bima, Pohon Tumbang, Rumah Warga Rusak

1056
×

Puting Beliung di Kota Bima, Pohon Tumbang, Rumah Warga Rusak

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Selain menerjang di wilayah Kabupaten Bima, angin puting beliung disertai hujan lebat juga terjadi di Kota Bima, Sabtu (9/4). Akibatnya sejumlah rumah warga rusak berat, dan pohon tumbang menimpa jaringan instalasi listrik.

Puting Beliung di Kota Bima, Pohon Tumbang, Rumah Warga Rusak - Kabar Harian Bima
Tiang listrik juga tumbang diterjang angin puting beliung. Foto: Ist

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima Nazamuddin menyampaikan, untuk sementara pihaknya sedang terjun ke lapangan untuk memantau langsung kondisi warga.

Puting Beliung di Kota Bima, Pohon Tumbang, Rumah Warga Rusak - Kabar Harian Bima

“Laporan awal yang kami dapatkan ada 4 unit rumah warga di Kelurahan Matakando Kecamatan Mpunda yang rusak berat. Kemudian sejumlah pohon tumbang di sekitar areal jalan raya dan menimpa sejumlah instalasi listrik,” ujarnya.

Diakui Nazamuddin, selain di Matakando dampak dari puting beliung dan hujan lebat yang menyebabkan rumah rusak ringan dan berat terjadi di wilayah lain, seperti Kelurahan Rite, Jatiwangi, Ule.

“Saat ini kami terus terjun meninjau lokasi, untuk melihat kondisi pemukiman dan warga. Kemudian mendata dan melaporkan agar bisa ditindaklanjuti,” katanya

Akibat bencana tersebut menyebabkan terjadinya pemadaman listrik di pemukiman warga, Bahkan untuk arus lalu lintas terhenti untuk sementara karena pohon menutupi are jalan raya.

“Guna membantu membersihkan pohon yang menutupi jalan raya. Kami sudah berkoordinasi dengan tim Damkar dan Penyelamatan serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menerjunkan armada dan personilnya,” tambahnya.

*Kahaba-04