Kabar Kota Bima

Dugaan Korupsi, Komisi I Agendakan Panggil Dinas Dikbud dan PKBM

947
×

Dugaan Korupsi, Komisi I Agendakan Panggil Dinas Dikbud dan PKBM

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Komisi I DPRD Kota Bima agendakan memanggil Dinas Dikbud Kota Bima dan sejumlah Kepala PKBM, yang terindikasi melakukan korupsi dana BOP kesetaraan.

Dugaan Korupsi, Komisi I Agendakan Panggil Dinas Dikbud dan PKBM - Kabar Harian Bima
Anggota Komisi III DPRD Kota Bima Edy Ihwansyah. Foto: Bin

Anggota Komisi I DPRD Kota Bima Edy Ikhwansyah menyampaikan, adanya kebobrokan pada tubuh Dinas Pendidikan tersebut, pihaknya berencana memanggil Dinas Dikbud Bidang PNF, serta beberapa lembaga PKBM yang mendapatkan dana bantuan.

Dugaan Korupsi, Komisi I Agendakan Panggil Dinas Dikbud dan PKBM - Kabar Harian Bima

“Kami akan koordinasi terlebih dahulu di internal komisi, kemudian menyusun rencana pemanggilan tersebut,” ujarnya, Jumat (15/4).

Duta PPP itu menjelaskan, dengan dipanggilnya pihak terkait maka akan diketahui apa yang menjadi persoalan pada lembaga tersebut. Jika ternyata dugaan data fiktif peserta PKBM ini benar, maka ini sudah tentu menyalahi aturan dan prosedur.

“Kasus ini akan kami atensi khusus, karena diduga merugikan uang negara ratusan juta rupiah,” katanya.

Dengan mulusnya sejumlah PKBM mendapatkan dana bantuan terang Edy, diduga ada keterlibatan oknum pejabat pada Dinas Dikbud yang menerima fee untuk memuluskan pencairan dana bantuan.

Maka dirinya pun mengimbau pada seluruh PKBM ataupun lembaga pendidikan lainnya yang menerima bantuan, untuk menyampaikan laporan dan data warga belajar yang sesuai fakta di lapangan. Karena jika terjadi pemalsuan dokumen untuk memuluskan mendapatkan dana bantuan, maka bisa berdampak pada proses hukum.

“Kami juga menginginkan kejujuran dari lembaga PKBM jika ada oknum pejabat yang pungli, agar bisa diproses lebih lanjut,” tambahnya.

*Kahaba-04