Kabar Kota Bima

Mulai April, Biaya Balik Nama Kendaraan Gratis

3020
×

Mulai April, Biaya Balik Nama Kendaraan Gratis

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) mulai tanggal 18 April hingga 31 Juli tahun 2022, gratis. Kebijakan itu berlaku untuk balik nama kendaraan luar daerah maupun kendaraan dalam daerah.

Mulai April, Biaya Balik Nama Kendaraan Gratis - Kabar Harian Bima
Kepala Samsat Raba Bima Aidin. Foto: Ist

Kepala Samsat Raba Bima Aidin menyampaikan, pembebasan biaya balik nama atau biaya BBNKB tersebut berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) NTB Nomor 30 Tahun 2022 tentang insentif pajak bea balik nama kendaraan bermotor, atas penyerahan kepemilikan kendaraan bermotor kedua dan seterusnya.

Mulai April, Biaya Balik Nama Kendaraan Gratis - Kabar Harian Bima

Karena sebelum ada Pergub, biaya balik nama kendaraan bisa mencapai jutaan untuk kendaraan roda Rp 4, tergantung jenis dan tipe kendaraan. Namun dengan adanya program itu, pemilik kendaraan yang ingin balik nama, sudah tidak perlu lagi membayar BBNKB.

“Ayo segera balik nama kendaraan anda, mumpung biaya BBNKB dibebaskan,” ajaknya, Rabu (27/4).

Kata Aidin, progam bebas biaya BBNKB tersebut berlaku untuk semua kendaraan, baik roda 2 maupun roda 4 dan juga berlaku bagi kendaraan luar daerah maupun kendaraan dalam daerah.

Jika pemilik kendaraan ingin balik nama kendaraannya sambungnya, mereka hanya membayar PKB dan PNBP. Karena itu merupakan kewajiban pemilik kendaraan membayar pajak kendaraan.

“Ini berlaku hanya 3 bulan ke depan, apakah program ini lanjut atau tidak usai Juli, saya belum bisa pastikan,” tukasnya.

*Kahaba-05