Kabar Kota Bima

PHBI Tetapkan 7 Lokasi Shalat Idul Fitri 1443 H

1719
×

PHBI Tetapkan 7 Lokasi Shalat Idul Fitri 1443 H

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Perayaan Idul Fitri 1443 H akan dilaksanakan pekan depan, panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) telah menetapkan sejumlah titik untuk lokasi pelaksanaan ibadah shalat Ied.

PHBI Tetapkan 7 Lokasi Shalat Idul Fitri 1443 H - Kabar Harian Bima
Sekretaris PHBI Kota Bima H Furqan Ar Roka. Foto: Eric

Sekretaris PHBI Kota Bima H Furqan Ar Roka menyebutkan, ada 7 lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan shalat Ied yakni Lapangan Merdeka, Lapangan Pahlawan Raba, Halaman Kantor Pemerintah Kota Bima, Lapangan Manggemaci, Halaman SMKN 2 Kota Bima, Lapangan Sepakbola Kolo, Taman Kodo dan SMKPP Jatiwangi.

PHBI Tetapkan 7 Lokasi Shalat Idul Fitri 1443 H - Kabar Harian Bima

Ia menjelaskan, meskipun lokasi Shalat Ied telah ditetapkan, PHBI juga mengharapkan kepada pengurus masjid dan musholla se-Kota Bima untuk memperhatikan beberapa hal. Di antaranya pengurus masjid dan musholla mengumandangkan takbir pada malam Idul Fitri 1443 H di masjid dan musholla atau pada rumah masing-masing.

Kemudian mengimbau jamaahnya untuk melaksanakan Shalat idul Fitri di lapangan yang sudah ditentukan atau masjid, dengan memperhatikan protokol kesehatan.

“Imbauan takbir ini dilaksanakan untuk mengurangi terjadinya kerumunan dan tidak melakukan euforia yang berlebihan,” katanya, Kamis (28/4).

Furqan menambahkan, PHBI juga telah menetapkan khatib dan imam yang akan bertugas saat shalat Ied nanti.

“Materi khotbah intinya mengajak ummat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, saling memaafkan untuk meraih kemenangan, memperkokoh dan menjaga silaturahim, raih kesucian diri dihari yang fitri, serta materi lainnya,” tambahnya.

*Kahaba-04