oleh

Estimasi Silpa Pemkot Bima Tahun 2021 Sebesar Rp 15 Miliar

Kota Bima, Kahaba.- Estimasi Sisa Lebih Penggunaan Anggaran (Silpa) APBD Kota Bima pada tahun anggaran 2021 sebanyak Rp 15 miliar. Jumlahnya tersebar pada beberapa pos penganggaran.

Estimasi Silpa Pemkot Bima Tahun 2021 Sebesar Rp 15 Miliar - Kabar Harian Bima
Kabid Anggaran BPKAD Kota Bima Iwan Setiawan. Foto: Bin

Kabid Anggaran BPKAD Kota Bima Iwan Setiawan mengatakan, estimasi jumlah Silpa Rp 15 miliar itu dari sisa gaji, sisa belanja barang jasa, belanja modal atau ada dari dana transfer yang kurang bayar. Paling banyak Silpa dari DAK non fisik.



“Rp 15 miliar itu estimasi, sementara Silpa nya belum ada karena kami belum terima LHP dari BPK,” ujarnya, Kamis (12/5).

Baca:   Sosialisasi Pemasangan Alat Perekam Transaksi Usaha, Walikota: Ini salah Satu Cara Penguatan PAD

Ia menegaskan, Silpa itu bukan ketidakmampuan daerah menyerap anggaran. Tapi secara anggaran, Silpa adalah estimasi untuk menyeimbangkan antara pembelanjaan dan pendapat.

Namun secara realisasi sambungnya, Silpa itu sisa dari belanja, baik itu belanja sisa gaji, sisa belanja barang jasa, belanja modal ditambah pada kurang bayar dari dana transfer, baik itu transfer pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Baca:   Insentif RT RW Belum Juga Cair, Ini Kendalanya

Disinggung mengenai perbandingan Silpa dengan tahun – tahun sebelumnya, Iwan menjawab besarnya tiap tahun hampir sama dan tidak berbeda jauh.

“Jadi Silpa pada tahun anggaran 2021 ini akan masuk pada pos anggaran yang sama pada APBD tahun 2022,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk menjawab soal Silpa pada sejumlah OPD, dirinya belum bisa menjelaskan karena harus ada rinciannya.

Baca:   GU tak Kunjung Cair, Begini Komentar Kepala BPKAD

“Karena kami di BPKAD hanya mengestimasi saja,” tambahnya.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kabar Terbaru