Kabar Kota BimaKabar NTB

Film Perempuan dan Luka Karya Sakola Karawi, Wakili NTB di Pentas Nasional

3618
×

Film Perempuan dan Luka Karya Sakola Karawi, Wakili NTB di Pentas Nasional

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Predikat lembaga pendidikan berprestasi layak disematkan untuk Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kota Bima. Terbaru, Sekolah Karawi tersebut menyabet nominasi terbaik pertama tingkat Provinsi NTB untuk kategori film pendek yang berjudul Perempuan dan Luka.

Film Perempuan dan Luka Karya Sakola Karawi, Wakili NTB di Pentas Nasional - Kabar Harian Bima
Pengumuman juara pertama festival film pendek yang digelar BKKBN Provinsi NTB. Foto: Ist

Kepala SMKN 3 Kota Bima Jainudin menyampaikan rasa syukur dan bangga atas capaian siswa beserta guru pembimbing itu. Pasalnya keberhasilan yang diraih setelah mengungguli perwakilan sekolah dan perguruan tinggi terbaik se-NTB. Berkat prestasi tersebut berhak mewakili NTB dalam ajang lomba di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh BKKBN RI.

Film Perempuan dan Luka Karya Sakola Karawi, Wakili NTB di Pentas Nasional - Kabar Harian Bima

“Alhamdulillah prestasi ini akan memacu dan memotivasi siswa dan guru untuk lebih meningkatkan lagi karya dan inovasi. Apalagi menjelang lomba tingkat nasional, akan lebih meningkatkan seni dan kreatifitas,” ujarnya, Senin (30/5).

Dia menjelaskan, pembuatan film pendek tersebut menghabiskan waktu sebulan. Mulai pemilihan aktor dan aktris, penulisan skrip, ide cerita, bedah naskah hingga pemilihan lokasi syuting dan instrumen musik yang tepat.

“Seluruh tenaga, ide dan pikiran telah kami curahkan bersama dalam pembuatan film ini, sehingga menghasilkan karya yang sangat luar biasa. Proses waktu pembuatannya cukup lama, tapi film terbaik ini hanya berdurasi 3 menit,” katanya.

Wakasek Kesiswaan Imam Bukhari didampingi Guru Pembimbing Rasydin juga menceritakan, karya tersebut dibuat untuk menitipkan pesan bahwa belum terlambat bagi seluruh orang tua saat di rumah untuk memeluk dan memberikan perhatian kepada putra dan putrinya, kemudian membangun komunikasi yang baik dan memberikan rasa kasih sayang.

Film ini bercerita anak yang mengalami kondisi Broken Home, sehingga mengalihkan perhatian sayang terhadap orang lain bahkan kekasih. Akibatnya saat ini banyak kalangan pelajar yang terlibat dalam pergaulan bebas, pernikahan dini hingga narkoba. Padahal solusinya adalah ibadah dan mendekatkan diri dengan yang maha kuasa.

“Melalui Film ini kami menitipkan sebuah pesan sekaligus harapan pada orang tua dan pelajar bahwa pentingnya memberikan perhatian serta pengawasan terhadap aktivitas anak. Siswa juga harus fokus mengejar impian dan cita-citanya sebagai generasi emas bangsa,” bebernya.

Film Perempuan dan Luka Karya Sakola Karawi, Wakili NTB di Pentas Nasional - Kabar Harian Bima
Para pemeran Film Pendek Perempuan dan Luka. Foto: Ist

Bukhari mengungkapkan, karya yang telah dibuat juga sebagai wadah komunikasi dan juga merupakan gabungan dari berbagai tekhnologi, seperti fotografi dan rekaman suara, kesenian baik seni rupa dan seni teater sastra dan arsitektur serta seni musik.

“Film pendek ini mengandung pesan moral di dalamnya untuk memberikan pengajaran kepada para penontonnya. Selain sebagai media hiburan, film juga kerap kali dijadikan sebagai media pembelajaran,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala DPPKB Kota Bima Nurjanah yang dimintai tanggapan mengaku bangga atas capaian SMKN 3 Kota Bima, karena telah membawa harum nama daerah di event kancah nasional.

“Pemerintah daerah siap mendukung penuh SMKN 3 Kota Bima dan sekolah lain yang siap mengembangkan kemampuan serta daya kreatifitas yang dimiliki,” tambahnya.

Adapun daftar nama pemain film, M Rizky Akbar, Wahidun Darmawan, Juliattin, Made Adi Winangun, M Revhando, Nurhidayati dan St Azzahwa Dhea Afifah.

*Kahaba-04