Kabar Kota Bima

Tuan Rumah MTQ Kecamatan, Kelurahan Santi Desain Panggung Nuansa Islam Tempo Dulu

1104
×

Tuan Rumah MTQ Kecamatan, Kelurahan Santi Desain Panggung Nuansa Islam Tempo Dulu

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- MTQ tingkat Kecamatan Mpunda tidak lama lagi bakal dihelat. Kelurahan Santi yang ditunjuk sebagai tuan rumah terus mempersiapkan diri, termasuk konsep arena panggung MTQ dibuat bernuansa Islam jaman dulu.

Tuan Rumah MTQ Kecamatan, Kelurahan Santi Desain Panggung Nuansa Islam Tempo Dulu - Kabar Harian Bima
Foto bersama Camat Mpunda, Lurah Santi dan Ketua Panitia MTQ bersama warga di arena MTQ yang didesain bernuansa islam zaman dulu. Foto: Deno

Ketua MTQ Tingkat Kecamatan Mpunda H Gufran H Abubakar menyampaikan, untuk mengenang nuansa Islam zaman dulu, maka panggung tersebut dibuat dengan konsep yang diambil dari filosofi perkembangan Islam.

Tuan Rumah MTQ Kecamatan, Kelurahan Santi Desain Panggung Nuansa Islam Tempo Dulu - Kabar Harian Bima

Di dalam arena ditampilkan tempat air wudhu (Padasa), tempat pengajian yang beratapkan daun ilalang (Lengge) serta hal lain yang bernuansa Islam tempo dulu.

“Selain itu sambungnya, pada pementasan nanti akan ada pertunjukan konfigurasi 1.000 mukenah dan musikalisasi puisi bernuansa Islam. Alhamdulillah Persiapan arena sudah 99 persen,” katanya di arena MTQ, Selasa (14/6).

Menurut dia, pembukaan MTQ dilaksanakan tanggal 15 Juni 2022 dan akan berakhir tanggal 18 Juni 2022. Peserta MTQ merupakan delegasi dari setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Mpunda, begitu juga dengan dewan hakam, diambil dari perwakilan tiap kelurahan se-Kecamatan Mpunda.

“Insya Allah semuanya akan rampung hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Santi Raman Fithri mangatakan, persiapan MTQ tersebut mulai dilaksanakan pada tanggal 30 Mei lalu. Persiapan dan kebutuhan semuanya sudah disediakan. Terutama persiapan panggung, sudah disediakan dan terlihat bagus.

“Pembuatan panggung itu merupakan swadaya masyarakat Kelurahan Santi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Camat Mpunda Iskandar Julkarnae yang terlihat hadir pada persiapan MTQ mengaku, semua persiapan sudah hampir selesai. Besok sudah siap melaksanakan pembukaan.

“Anggaran yang disediakan pada pelaksanaan MTQ kecamatan sebanyak Rp 50 juta,” sebutnya.

Konsep yang dibangun dalam arena MTQ di Kelurahan Santi terlihat berbeda dan bagus, karena memperlihatkan panggung berkonsep Islam zaman dulu.

“Semoga semuanya berjalan lancar dan pelaksana berakhir sukses,” harapnya.

*Kahaba-05