oleh

Tuan Rumah MTQ Kecamatan, Kelurahan Santi Desain Panggung Nuansa Islam Tempo Dulu

Kota Bima, Kahaba.- MTQ tingkat Kecamatan Mpunda tidak lama lagi bakal dihelat. Kelurahan Santi yang ditunjuk sebagai tuan rumah terus mempersiapkan diri, termasuk konsep arena panggung MTQ dibuat bernuansa Islam jaman dulu.

Tuan Rumah MTQ Kecamatan, Kelurahan Santi Desain Panggung Nuansa Islam Tempo Dulu - Kabar Harian Bima
Foto bersama Camat Mpunda, Lurah Santi dan Ketua Panitia MTQ bersama warga di arena MTQ yang didesain bernuansa islam zaman dulu. Foto: Deno

Ketua MTQ Tingkat Kecamatan Mpunda H Gufran H Abubakar menyampaikan, untuk mengenang nuansa Islam zaman dulu, maka panggung tersebut dibuat dengan konsep yang diambil dari filosofi perkembangan Islam.



Di dalam arena ditampilkan tempat air wudhu (Padasa), tempat pengajian yang beratapkan daun ilalang (Lengge) serta hal lain yang bernuansa Islam tempo dulu.

Baca:   Anggaran MTQ Kelurahan Dipotong, Acara Dihelat Sederhana

“Selain itu sambungnya, pada pementasan nanti akan ada pertunjukan konfigurasi 1.000 mukenah dan musikalisasi puisi bernuansa Islam. Alhamdulillah Persiapan arena sudah 99 persen,” katanya di arena MTQ, Selasa (14/6).

Menurut dia, pembukaan MTQ dilaksanakan tanggal 15 Juni 2022 dan akan berakhir tanggal 18 Juni 2022. Peserta MTQ merupakan delegasi dari setiap kelurahan yang ada di Kecamatan Mpunda, begitu juga dengan dewan hakam, diambil dari perwakilan tiap kelurahan se-Kecamatan Mpunda.

Baca:   Proyek Pelebaran Sungai di Kelurahan Santi Justru Mengancam Warga

“Insya Allah semuanya akan rampung hari ini,” ujarnya.

Sementara itu, Lurah Santi Raman Fithri mangatakan, persiapan MTQ tersebut mulai dilaksanakan pada tanggal 30 Mei lalu. Persiapan dan kebutuhan semuanya sudah disediakan. Terutama persiapan panggung, sudah disediakan dan terlihat bagus.

“Pembuatan panggung itu merupakan swadaya masyarakat Kelurahan Santi,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Camat Mpunda Iskandar Julkarnae yang terlihat hadir pada persiapan MTQ mengaku, semua persiapan sudah hampir selesai. Besok sudah siap melaksanakan pembukaan.

Baca:   MTQ Tingkat Kecamatan Mpunda Resmi Dimulai, 105 Peserta Ambil Bagian

“Anggaran yang disediakan pada pelaksanaan MTQ kecamatan sebanyak Rp 50 juta,” sebutnya.

Konsep yang dibangun dalam arena MTQ di Kelurahan Santi terlihat berbeda dan bagus, karena memperlihatkan panggung berkonsep Islam zaman dulu.

“Semoga semuanya berjalan lancar dan pelaksana berakhir sukses,” harapnya.

*Kahaba-05


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.