Kabar Kota Bima

Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Kota Bima Gelar Apel Siaga

654
×

Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Kota Bima Gelar Apel Siaga

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bima menggelar apel siaga secara serentak se-Indonesia, dalam rangka dimulainya tahapan Pemilu 2024. Kegiatan apel siaga dilaksanakan di halaman kantor setempat, Selasa (14/6).

Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Kota Bima Gelar Apel Siaga - Kabar Harian Bima
Foto bersama jajaran Bawaslu Kota Bima usai Apel Siaga pengawasan Pemilu 2024 serentak se-Indonesia. Foto: Eric

Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin menyampaikan, apel siaga tersebut dalam rangka dimulainya tahapan Pemilu selama 20 bulan ke depan. Dimana pada tahun 2024 mendatang akan diselenggarakan pemilihan anggota legislatif, daerah hingga Presiden dan Wakil Presiden RI.

Tahapan Pemilu Dimulai, Bawaslu Kota Bima Gelar Apel Siaga - Kabar Harian Bima

“Apel ini merupakan konsolidasi dan koordinasi Bawaslu seluruh provinsi dan pusat yang sudah menyatakan siap bekerja mengawas proses penyelenggaraan Pemilu,” ujarnya.

Dengan dimulainya tahapan Pemilu, maka diminta pada jajaran pengawas untuk mempersiapkan diri secara maksimal. Terutama kesiapan seluruh instrumen yang dibutuhkan dalam rangka mengawasi Pemilu.

Selain itu dirinya menginstruksikan kepada jajaran pengawas Pemilu agar selama bertugas menjunjung tinggi netralitas dan independensi.

“Dengan kehadiran pengawas Pemilu, maka setiap proses dan tahapan dapat diawasi dengan maksimal. Terutama mengedepankan aspek pencegahan dan penindakan pelanggaran,” katanya.

Muhaemin menambahkan, terdapat 6 aspek yang menjadi acuan Bawaslu dalam bekerja mengawal pelaksanaan Pemilu. Masing-masing aspek regulasi, penyelenggara, tahapan, pemilih, peserta pemilu dan anggaran. Hal ini harus terlaksana dan berjalan beriringan, artinya setiap kompenen tersebut saling terkait agar penyelenggaraan pengawasan Pemilu bisa sesuai aturan.

“Tugas Bawaslu itu selain menjalankan apa yang menjadi program kerja, juga memiliki tanggung jawab lain yaitu menjaga kepercayaan masyarakat dalam menjalankan tugas pengawasan yang amanah sesuai aturan yang berlaku,” tambahnya.

*Kahaba-04