oleh

Wacana 5 Dapil, KPU Kota Bima Menunggu Regulasi

Kota Bima, Kahaba.- Pada Pemilu Legislatif yang bakal dihelat Tahun 2024 mendatang, muncul wacana penambahan jumlah Daerah Pemilihan (Dapil) di Kota Bima, dari 3 Dapil menjadi 5 Dapil. Wacana tersebut pun akan dibahas pada jadwal tahapan pemilu.

Wacana 5 Dapil, KPU Kota Bima Menunggu Regulasi - Kabar Harian Bima
Ketua KPU Kota Bima Mursalim. Foto: Dok Facebook KPU Kota Bima

Ketua KPU Kota Bima Mursalim mengakui, secara resmi belum ada partai yang mengusulkan penambahan Dapil tersebut. Tapi melalui rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih berkelajutan beberapa waktu lalu, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pernah menyampaikan usulan penambahan Dapil dari 3 menjadi 5 Dapil.



“Waktu itu karena belum ada regulasi untuk pembahasan Dapil, maka belum bisa dijawab. Sekarang juga belum ada regulasinya. Paling regulasi yang lama,” katanya, baru-baru ini.

Baca:   Jumlah DPT Dari Tahun 2014 ke Tahun 2018 Berkurang Banyak, Ini Variabelnya

Ia menjelaskan, pada regulasi yang lama, penetapan Dapil tergantung pada jumlah penduduk. Saat simulasi dengan jumlah penduduk Tahun 2021 dari Dinas Dukcapil pun, belum memungkinkan untuk penambahan 5 Dapil, tapi masih 3 Dapil.

“Kalau ada regulasinya, nanti akan dibahas pada jadwal pembahasan pembagian Dapil,” ujarnya.

Mursalim menambahkan, nanti akan ada PKPU baru juga yang akan mengatur tentang pembagian Dapil. Mengenai regulasi itu akan terbit, karena PKPU mengikuti tahapan, maka nanti akan ada jadwal tersendiri mengenai rapat pembagian Dapil.

Baca:   Debat Kedua, Jumlah Pendukung Paslon Diundang Lebih Banyak

“Pada tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024, penetapan jumlah kursi dan Dapil terjadwal pada hari Jumat tanggal 14 Oktober 2022 dan Kamis tanggal 9 Februari 2023,” pungkasnya.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.