Kabar Kota Bima

SMKN 3 Kota Bima Potong Hewan Kurban Idul Adha 1443 H

520
×

SMKN 3 Kota Bima Potong Hewan Kurban Idul Adha 1443 H

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Berkurban merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Hal ini yang juga dilakukan oleh jajaran SMKN 3 Kota Bima saat Idul Adha 1443 H dengan memotonh hewan kurban di halaman sekolah setempat, Senin (11/7).

SMKN 3 Kota Bima Potong Hewan Kurban Idul Adha 1443 H - Kabar Harian Bima
SMKN 3 Kota Bima saat memotong 1 ekor sapi. Foto: Eric

Kepala SMKN 3 Jainuddin menyampaikan, momentum Idul Adha merupakan bentuk aplikasi perintah agama dengan berbagi rejeki yang lebih diberikan oleh sang pencipta, kepada masyarakat yang membutuhkan.

SMKN 3 Kota Bima Potong Hewan Kurban Idul Adha 1443 H - Kabar Harian Bima

“Dalam Al Quran Surah Al Kautsar ayat 2, maka dirikanlah shalat karena tuhanmu dan berqurbanlah,” kutipnya.

Ia menjelaskan, kegiatan ini menjadi rasa syukur dari lembaga pendidikan kepada siswa, pegawai dan masyarakat sekitar sekolah. Sekaligus dapat menumbuhkan jiwa kemanusiaan dengan berderma, apalagi di tengah kondisi pandemi yang masih ada.

Pelaksanakan kurban ini meneladani peristiwa Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, karena sifat ikhlas dan tulus tersebut, maka Allah menggantikan dengan domba sebagai hewan kurban.

“Semoga kita bisa meneladani ketulusan dan keikhlasan para nabi, sehingga Syi’ar Islam terus digaungkan dan membawa kemaslahatan untuk masyarakat,” katanya.

Sementara itu, ketua panitia kurban Imam Bukhari menambahkan, melalui kurban ini dapat menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Serta mempererat Ukhuwah Islamiyah,  menggembirakan fakir miskin, mempererat tali persaudaraan dan memupuk rasa sosial.

“Semoga apa yang kita laksanakan hari ini bisa kembali dilaksanakan pada tahun berikutnya,” ucapnya.

*Kahaba-04