Dinas Kominfotik Gelar Bimbingan Teknis Aplikasi SANINU

Kabar Kota Bima179 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi Siaga Responsif dan Pelayanan Umum (SANINU) dan bimbingan teknis Website perangkat daerah, di Aula Kantor Pemerintah Kota Bima, Selasa (12/7).

Dinas Kominfotik Gelar Bimbingan Teknis Aplikasi SANINU - Kabar Harian Bima
Bimbingan Teknis Aplikasi SANINU dan bimbingan teknis Website Perangkat Daerah. Foto: Ist

Kegiatan dimaksud dihadiri Wali Kota Bima HM, Asisten III Setda Kota Bima Adisan, Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima H Mahfud, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kota Bima, Camat dan Lurah se-Kota Bima.



Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi saat sambutan menyampaikan apresiasi, terutama pada Dinas Kominfotik yang telah mengupgrade aplikasi E-Lapor menjadi aplikasi SANINU.

Baca:   DPRD Kota Bima Bimtek Peningkatan Fungsi Penganggaran dan Pengawasan

Aplikasi tersebut merupakan salah satu sarana aspirasi dan pengaduan masyarakat berbasis online yang berprinsip mudah, terpadu dan tuntas untuk pengawasan program pembangunan dan layanan publik kepada pemerintah.

“Aplikasi ini saya bisa mengontrol berapa lurah dan kecamatan yang sudah menggunakan dan menerapkan,” ujarnya.

Lutfi menjelaskan, aplikasi SANINU bukan hanya role mode, namun melainkan aplikasi yang bisa mengoptimalkan peran OPD di Lingkup Pemerintah Kota Bima. Seperti contoh ada pengaduan di Dinas PUPR terkait selokan rusak, maka laporan bisa langsung ditangani dan pelayanan masyarakat bisa ditindaklanjuti tidak perlu menunggu bertahun-tahun.

Baca:   Walikota Bima Buka Sosialisasi Pagu Indikatif Renja Perangkat Daerah dan Matriks RKPD Kota Bima Tahun 2021

“Semoga aparatur baik lurah dan camat bisa berperan aktif dalam memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menyampaikan aspirasi masyarakat secara langsung,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik H Mahfud dalam laporannya menambahkan, aplikasi SANINU digunakan sebagai media dialog antara Pemerintah Kota Bima dan masyarakat. Di dalam aplikasi terdapat ruang aspirasi dan pengaduan dua arah yang bisa diakses oleh RT, RW dan Lurah. Sedangkan, Camat dan OPD terkait menindaklanjuti hasil laporan tersebut.

Baca:   Dorong Percepatan Realisasi Investasi, DPMPT-SP Gandeng Pengusaha Wisata

“Setiap RW di Kelurahan akan dipasang WiFi gratis di tahun 2023,” tambahnya.

*Kahaba-04


Komentar