oleh

Proyek Mubazir, Bangunan BLK Komunitas di Dodu tidak Berfungsi

Kota Bima, Kahaba.- Bangunan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang didirikan di Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur Kota Bima, tak berfungsi. Kondisinya, dibiarkan begitu saja dan terlihat sudah tumbuh semak belukar. Balai tersebut informasinya dikerjakan antara tahun 2019 – 2020.

Proyek Mubazir, Bangunan BLK Komunitas di Dodu tidak Berfungsi - Kabar Harian Bima
BLK Komunitas yang dibangun di Kelurahan Dodu Kota Bima. Foto: Bin

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima H Tafsir yang dimintai tanggapan mengakui adanya gedung tersebut. Hanya saja dia kurang tahu detail terkait pembangunannya.



“Kami hanya tahu BLK Komunitas itu pekerjaan Kementerian Tenaga Kerja, sumber anggaran APBN Rp 1 miliar lebih,” ungkapnya, Rabu (3/8).

Baca:   Ini Kendala Belum Difungsikannya BLK Komunitas Dodu

Dia menjelaskan, selain gedung BLK Komunitas di Kelurahan Dodu, terdapat juga gedung BLK Komunitas di Kelurahan Matakando, hanya saja berbeda fungsi. Di Matakando khusus komputer, tapi di Dodu khusus pelatihan menjahit dan kursus komputer.

“Kedua BLK komunitas ini merupakan proyek pusat. Kita di daerah tidak tahu siapa perusahaan yang mengerjakannya,” terang Tafsir.

Baca:   Refocusing Anggaran, Pembangunan BLK Rp 2,8 Miliar Ditunda

Hanya saja sambungnya, sampai saat balai tersebut belum menjadi aset Pemerintah Kota Bima karena belum ada kesepakatan serah terima aset. Tapi sebagai instansi teknis merasa berterima kasih pada pemerintah pusat karena adanya BLK komunitas bisa melatih tenaga kerja handal disetiap bidangnya.

“Gedung ini bisa bermanfaat untuk pelatihan calon tenaga kerja, sehingga bisa mengembangkan kompetensi agar bisa bekerja terampil,” tambahnya.

Baca:   Ini Kendala Belum Difungsikannya BLK Komunitas Dodu

*Kahaba-04


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.