Kabar Kota Bima

Paket Pekerjaan 2 Bidang di PUPR Diduga Berada di Lokasi yang Sama

920
×

Paket Pekerjaan 2 Bidang di PUPR Diduga Berada di Lokasi yang Sama

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Muncul proyek pekerjaan yang sama untuk perbaikan drainase di Lingkungan Kadole Kelurahan Oi Fo’o Kota Bima. Proyek pada Dinas PUPR Kota Bima tersebut berada pada 2 bidang.

Paket Pekerjaan 2 Bidang di PUPR Diduga Berada di Lokasi yang Sama - Kabar Harian Bima
Pekerjaan drainase di wilayah Kadole yang diduga sama ditangani 2 bidang di Dinas PUPR. Foto: Ist

Saat ini, saluran tersebut sedang dikerjakan berdasarkan hasil tender Februari 2022 di Bidang Bina Marga Dinas PUPR. Namun di sisi lain, proyek dimaksud pada Bidang Cipta Karya Dinas PUPR juga sedang dalam proses tender. Terlihat juga dalam gambar pekerjaan, wilayah drainase yang sama dikerjakan oleh 2 bidang tersebut.

Paket Pekerjaan 2 Bidang di PUPR Diduga Berada di Lokasi yang Sama - Kabar Harian Bima

Kepala LPSE Kota Bima Agus Salim yang dikonfirmasi membantah adanya pekerjaan yang sama pada 2 bidang di Dinas PUPR Kota Bima tersebut.

“Tidak ada paket yang sama yang dilelang LPSE, beda anggaran dan beda RAB,” tepisnya, Rabu (3/8).

Ia menjelaskan, di Bidang Cipta Karya nama paket pekerjaan drainase perumahan relokasi Kadole. Anggarannya sebesar Rp 1,2 miliar.

“Yang di Kadole belum ada pemenang tender, masih proses masa sanggah. Ada 4 perusahaan di Bima yang ajukan penawaran,” sebutnya.

Kemudian di Bina Marga sambung Agus, paket pekerjaan namanya peningkatan jalan Kumbe Kadole dengan anggaran sebesar Rp 3,9 miliar.

“Proses lelangnya memang dari Februari tahun 2022,” tuturnya.

Disinggung soal wilayah pekerjaan yang sama, Agus menjawab LPSE tidak melihat lokasi, hanya melihat dokumen pekerjaan yang diajukan oleh dinas.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas PUPR yang berusaha ditemui di ruangannya, tidak berada di tempat. Dihubungi via seluler juga belum memberikan jawaban. Demikian juga dengan Kabid Cipta Karya.

Namun melalui PPK pekerjaan di Bidang Cipta Karya Sri Wahyungsih menjelaskan, kalau pada site plan memang ada gambar existing karena itu keseluruhan peta Kadole. Sementara pekerjaannya ditangani oleh Bidang Bina Marga.

“Tapi di Bill of Quantiti tidak ada,” ungkapnya.

Yuni – sapaan akrabnya menambahkan, untuk Cipta Kerja pekerjaan drainase difokuskan di dalam rumah relokasi.

“Kalau pun sama, tidak mungkin Cipta Kerja akan mengerjakannya lagi,” pungkasnya.

*Kahaba-01