oleh

Dinas Damkar Simulasi Kebakaran di Kantor BUMN

Kota Bima, Kahaba.- Menyampaikan pemahaman tentang tata cara penanganan kebakaran dan evakuasi, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bima menggelar kegiatan simulasi di kantor BUMN, Kamis (11/8).

Dinas Damkar Simulasi Kebakaran di Kantor BUMN - Kabar Harian Bima
Petugas Damkar saat melaksanakan simulasi kebakaran. Foto: Ist

Kabid Pencegahan Dinas Damkar dan Penyelamatan Ardi Firmansyah menyampaikan, pelaksanaan simulasi tersebut untuk memberikan edukasi pada segenap pegawai BUMN tentang tata cara dan prosedur terkait penanganan dini, jika ada bencana kebakaran.



“Simulasi ini berawal dari laporan masyarakat setempat melalui layanan admin e_lapor dan hotline Dinas Damkar (0374) 6644372, tentang adanya sumber api disalah satu ruangan. Kemudian tim damkar menuju lokasi dengan melibatkan 2 regu penyelamatan disertai 2 uni mobil pemadam,” ujarnya.

Baca:   Oknum Warga Prank Damkar, Sampaikan Laporan Palsu Kebakaran Rumah

Ia menjelaskan, tiba di lokasi terlebih dahulu tim mengevakuasi penghuni gedung, kemudian setelah dipastikan gedung dalam keadaan kosong, anggota langsung melakukan penyiraman pada sumber titik api.

Saat upaya pemadaman berlangsung, ternyata masih ada penghuni gedung yang masih tertinggal dalam ruangan. Maka tim penyelamatan lainnya bergerak cepat masuk menerobos dan memberikan pertolongan cepat.

Baca:   Kerja Keras, Personil Damkar Terus Bersihkan Material Sisa Banjir

“Usai menyelamatkan, tim mengevakuasi korban menuju titik kumpul di area terbuka agar terhindar jauh dari titik api,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Didi Fakhdiansyah mengutarakan, selain memberikan pemahaman terkait penanganan cepat kebakaran, juga diberikan materi bagaimana cara penggunaan alat pemadam api ringan (Apart), sebagai bentuk tindakan awal pegawai setempat dalam melakukan pengamanan lokasi supaya mencegah kebakaran meluas.

Baca:   Personil Damkar dan BPBD Bersihkan Pohon Tumbang

“Selain melakukan penanganan awal, juga diajarkan bagaiman cara meredam kepanikan, mengawal melalui jalur evakuasi agar bisa berkumpul dititik lokasi penyelamatan,” tandasnya.

Didi menambahkan, guna memudahkan pelayanan cepat pemadaman di masyarakat nanti, Dinas Damkar telah merencanakan pendataan sarana dan prasarana sistem proteksi gedung dan bangunan di Kota Bima.

*Kahaba-04


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.