Kabar Kota Bima

Dinas Damkar Simulasi Kebakaran di Kantor BUMN

494
×

Dinas Damkar Simulasi Kebakaran di Kantor BUMN

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Menyampaikan pemahaman tentang tata cara penanganan kebakaran dan evakuasi, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bima menggelar kegiatan simulasi di kantor BUMN, Kamis (11/8).

Dinas Damkar Simulasi Kebakaran di Kantor BUMN - Kabar Harian Bima
Petugas Damkar saat melaksanakan simulasi kebakaran. Foto: Ist

Kabid Pencegahan Dinas Damkar dan Penyelamatan Ardi Firmansyah menyampaikan, pelaksanaan simulasi tersebut untuk memberikan edukasi pada segenap pegawai BUMN tentang tata cara dan prosedur terkait penanganan dini, jika ada bencana kebakaran.

Dinas Damkar Simulasi Kebakaran di Kantor BUMN - Kabar Harian Bima

“Simulasi ini berawal dari laporan masyarakat setempat melalui layanan admin e_lapor dan hotline Dinas Damkar (0374) 6644372, tentang adanya sumber api disalah satu ruangan. Kemudian tim damkar menuju lokasi dengan melibatkan 2 regu penyelamatan disertai 2 uni mobil pemadam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tiba di lokasi terlebih dahulu tim mengevakuasi penghuni gedung, kemudian setelah dipastikan gedung dalam keadaan kosong, anggota langsung melakukan penyiraman pada sumber titik api.

Saat upaya pemadaman berlangsung, ternyata masih ada penghuni gedung yang masih tertinggal dalam ruangan. Maka tim penyelamatan lainnya bergerak cepat masuk menerobos dan memberikan pertolongan cepat.

“Usai menyelamatkan, tim mengevakuasi korban menuju titik kumpul di area terbuka agar terhindar jauh dari titik api,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Didi Fakhdiansyah mengutarakan, selain memberikan pemahaman terkait penanganan cepat kebakaran, juga diberikan materi bagaimana cara penggunaan alat pemadam api ringan (Apart), sebagai bentuk tindakan awal pegawai setempat dalam melakukan pengamanan lokasi supaya mencegah kebakaran meluas.

“Selain melakukan penanganan awal, juga diajarkan bagaiman cara meredam kepanikan, mengawal melalui jalur evakuasi agar bisa berkumpul dititik lokasi penyelamatan,” tandasnya.

Didi menambahkan, guna memudahkan pelayanan cepat pemadaman di masyarakat nanti, Dinas Damkar telah merencanakan pendataan sarana dan prasarana sistem proteksi gedung dan bangunan di Kota Bima.

*Kahaba-04