Kabar Kota Bima

Lomba KSM Tingkat Kota, Kyran Wibawanti Raih Juara I

620
×

Lomba KSM Tingkat Kota, Kyran Wibawanti Raih Juara I

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Siswi MTsN 1 Padolo Kota Bima Kyran Wibawanti menyabet juara I pada ajang Kompetisi Sains Madrasyah (KSM) Tingkat Kota Bima kategori IPA terintegrasi, diselenggarakan Kementerian Agama (Kemenag) di Aula MAN 2 Kota Bima, Kamis (18/8) kemarin. Selain Kyran Wibawanti, ada juga Hafizatul Munawarah meraih juara III pada lomba yang sama.

Lomba KSM Tingkat Kota, Kyran Wibawanti Raih Juara I - Kabar Harian Bima
Kepala MTsN 1 Kota Bima HM Adnan bersama guru pembina Rinayu Anintia dan siswi Juara I Lomba KSM Kyran Wibawanti dan Juara III Hafizatul Munawarah. Foto: Eric

Guru pembina Rinayu Anintia menyampaikan rasa bangga pada dua siswinya tersebut karena berhasil melampaui perolehan nilai peserta lainnya dengan menjawab sejumlah pertanyaan dengan baik yang diberikan dewan juri.

Lomba KSM Tingkat Kota, Kyran Wibawanti Raih Juara I - Kabar Harian Bima

“Keberhasilan ini tentu tidak terlepas dari pembinaan intens yang kami lakukan selama 3 bulan. Selain menerima materi untuk dipelajari, siswi juga dilatih mengerjakan soal. Sehingga pada saat ujian, mampu mengerjakan dengan sempurna,” katanya, Jumat (19/8).

Dia menjelaskan, berkat juara I dan III tersebut maka kedua siswinya akan mewakili Kota Bima dalam lomba yang sama tingkat Provinsi NTB. Rencananya digelar pada pertengahan bulan September depan.

Guna persiapan hadapi ajang tersebut, pekan ini juga dia akan kembali memberikan bimbingan dan latihan pada dua murid tersebut.

“Kategori lomba IPA terintegrasi ini meliputi materi pelajaran kimia, fisika dan biologi. Kami akan berkolaborasi dengan guru pembimbing lain untuk memberikan pengajaran dan bimbingan,” jelasnya.

Sementara itu, Kyran Wibawanti mengungkapkan rasa bahagia atas capaian tersebut karena berhasil menyisihkan peserta terbaik dari utusan sekolah lain.

“Alhamdulillah, keberhasilan ini saya persembahkan untuk kedua orang tua, guru serta sahabat yang senantiasa memberikan support selama lomba berlangsung. Saya siap menghadapi ajang berikutnya di tingkat NTB,” ujarnya penuh optimis.

Kyran menambahkan, kunci kesuksesan itu berkat memanfaatkan waktu luang di luar latihan yang diberikan guru pembimbing. Dirinya juga menerapkan belajar mandiri selama beberapa jam dengan memanfaatkan membaca buku pelajaran tambahan serta referensi materi di internet.

“Saya juga memanfaatkan waktu subuh untuk kembali mengulang pelajaran, sehingga persiapan saat lomba sudah sangat maksimal,” tandas puteri pertama pasangan Wildan dan Sri tersebut.

Hafizatul Munawarah juga menyampaikan rasa terima kasih terhadap dukungan dan doa semua pihak, sehingga bisa meraih hasil memuaskan dan siap mengikuti ajang yang sama di tingkat Provinsi NTB.

*Kahaba-04