oleh

Tanamkan Jiwa Entrepreneurship Pada Maba, STIE Bima Hadirkan Pengusaha Muda

Kota Bima, Kahaba.- Ada yang menarik dalam pelaksanaan PKKMB STIE Bima tahun ini. Sebab, para pengusaha muda dan hebat ikut berbagi pengetahuan dan pengalaman secara langsung kepada Mahasiswa Baru (Maba)

Tanamkan Jiwa Entrepreneurship Pada Maba, STIE Bima Hadirkan Pengusaha Muda - Kabar Harian Bima
Foto bersama Ketua STIE Bima, Ketua Yayasan Sinar Jaya dengan para pemateri PKKMB usai menyerahkan piagam penghargaan. Foto: Ist

Tidak tanggung-tanggung, langsung 3 narasumber hebat mengisi materi dalam bentuk talkshow, Sabtu (17/9) siang. Mereka masing-masing Ketua DPP Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BNWI), NS. Syamsul Hidayah, Ketua HIPMI Kabupaten Bima, Bahtiar dan Ketua HIPMI Kota Bima Fadlin.



Sebelum ketiganya menggugah jiwa Entrepreneurship mahasiswa Baru, terlebih dahulu Ketua STIE Bima Firdaus memberi pengantar pada talkshow tersebut.

Kata Firdaus, STIE Bima memiliki program yang terintegrasi dalam menanamkan jiwa wirausaha mahasiswanya.

“Tidak hanya dalam bentuk mata kuliah, kami juga punya banyak kegiatan dalam mendorong kegiatan Entrepreneurs. Hingga kami bentuk incubator Bisnis sebagai labolatorium usaha mahasiswa,” papar mantan Ketua HIPMI Kota Bima ini.

Baca:   STIE Bima Gelar Gebyar Wirausaha, Mahasiswa-Mahasiswi Unjuk Kemampuan

Sementara itu, Ketua DPP Barisan Muda Wirausaha Indonesia (BNWI) RI, NS. Syamsul Hidayah menegaskan, untuk menjadi pengusaha maka mahasiswa harus mampu berpikir out of the boks.

“Pengusaha hebat itu adalah orang-orang yang mampu berpikir out of the boks atau kita mampu berpikir diluar kebiasaan kita,” imbaunya.

Sebagai contoh, dirinya adalah seorang yang menempuh kuliah dalam bidang kesehatan, malah kini menjadi ketua organisasi bergensi di dunia wirausaha.

“BMWI ini adalah organisasi hebat. Tidak hanya tersebar di seluruh provinsi, kota dan kabupaten di Indonesia, namun juga tersebar dibeberapa Negara di luar Indonesia,” ujar pria kelahiran Bima ini.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua HIPMI Kota Bima, Fadlin. Pada kesempatan itu, dirinya lebih banyak bercerita tentang pengalaman hidup sehingga mengantarkan dirinya menjadi salah satu pengusaha sukses di Bima.

Baca:   Tekuk For Senayan Dompu Tanpa Balas, Tim Voli STIE Bima Melenggang ke Final

“Awalnya saya bekerja di salah satu Bank di Bima. Namun saya lebih memilih banting setir ke dunia usaha,” tutur perintis Café FIX Laluna di Amahami ini.

Lanjut Fadlin, keputusannya itu kini berbuah manis. Sebab saat ini Fadli dikenal sebagai salah satu Bos CCTV yang tersebar di sejumlah daerah Pulau Sumbawa.

Tanamkan Jiwa Entrepreneurship Pada Maba, STIE Bima Hadirkan Pengusaha Muda - Kabar Harian Bima
Foto bersama Ketua STIE Bima, Ketua Yayasan Sinar Jaya dengan para pemateri PKKMB usai menyerahkan piagam penghargaan. Foto: Ist

“Untuk menjadi pengusaha itu, kita harus mampu menangkap peluang. Jika tidak, kita akan kalan saing dengan yang lain,” tegas alumni STIE Bima ini.

Begitupun dengan Ketua HIPMI Kabupaten Bima, Bahtiar. Sebagai seorang alumni yang sejak awal dilatih menjadi Entrepreneurship. Maka tidak heran jika dirinya saat ini bergelut dalam dunia bisnis.

Baca:   STIE Dapat Program Asuh Dari Unila, Firdaus Ingin Kejar Peningkatan Mutu

“Kebetulan saya mengambil bidang Bisnis property. Usahanya lumayan lah, lumayannya itu sangat besar. heheheh,” bebernya sembari menghitung besar keuntungannya dalam usaha property.

Tidak hanya itu, dia juga mengingatkan untuk terus berikhtiar dan juga bersedekah. Sebab kekuatan terbesar dalam kesuksesan itu kata dia adalah sedekah.

“Kita tahu bagaimana sejarah para jutawan pada zaman nabi. Bahkan yang saat ini kita baca, tokoh-tokoh yang kaya dalam dunia usaha itu mereka yang tidak menghitung nilai sedekahnya,” ceritanya.

Materi pada talkshow tersebut mendapatkan respon aktif dari peserta PKKMB. Mereka terlihat sangat antusias dalam memberikan sespon. Ketiga pemateri juga mendapatkan piagam penghargaan dari STIE Bima yang langsung diserahkan oleh Ketua Yayasan Pendidikan Sinar jaya dan Ketua STIE Bima.

*Kahaba-01


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.