Bawaslu Kota Bima Perpanjang Masa Pendaftaran Panwaslu Kecamatan

Kabar Kota Bima113 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Bawaslu Kota Bima memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan untuk Pemilu 2024 mulai 2 Oktober hingga 8 Oktober 2022. Perpanjangan masa pendaftaran ini berlaku untuk 4 Kecamatan yang belum memenuhi kuota keterwakilan perempuan.

Bawaslu Kota Bima Perpanjang Masa Pendaftaran Panwaslu Kecamatan - Kabar Harian Bima
Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin. Foto: Bin

Ketua Bawaslu Kota Bima Muhaemin mengatakan, pada masa pendaftaran pertama tanggal 21 hingga 27 September 2022, dari 5 Kecamatan yang ada di Kota Bima, hanya Kecamatan Rasanae Barat yang memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan.



Sedangkan di 4 Kecamatan lainnya Asakota, Mpunda, Raba dan Rasanae Timur pendaftar perempuan belum memenuhi 30 persen keterwakilan perempuan dari jumlah pendaftar di masing-masing kecamatan.

Baca:   Menimbang Kontroversi Pemilihan Gubernur oleh DPRD

“Kita perpanjang masa pendaftaran mulai tanggal 2 hingga 8 Oktober 2022,” ujarnya, Selasa (4/10).

Sesuai ketentuan, kata Muhaemin, kuota keterwakilan perempuan di tiap kecamatan harus memenuhi 30 persen. Penghitungannya berdasarkan jumlah pendaftar, bukan dari dua kali kebutuhan. Hal itu sesuai dengan penjelasan Bawaslu RI terkait pemaknaan angka 1 poin C Pedoman Pembentukan Panwaslu Kecamatan nomor 314/HK.01.00/K1/09/2022.

Baca:   Jelang Pemilu 2019, Bawaslu Awasi Perekaman E-KTP

“Ini kesempatan bagi masyarakat untuk mengambil bagian sebagai pengawas pemilu, terutama bagi kaum perempuan Kota Bima. Untuk mengabdikan diri sebagai pengawas pemilu adhoc. Ayo segera daftarkan diri untuk sukseskan pemilu serentak 2024,” ajak Muhaemin.


Komentar