Kabar Kota Bima

Pemkot Bima Bersama DPRD Adakan Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP

494
×

Pemkot Bima Bersama DPRD Adakan Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima bersama DPRD Kota Bima menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kualitas SAKIP di Jakarta, Jumat (14/10). Kegiatan dimaksud dihadiri kepala perangkat daerah dan Kasubag Perencanaan serta pejabat fungsional perencana.

Pemkot Bima Bersama DPRD Adakan Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP - Kabar Harian Bima
Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP yang digelar Pemkot Bima dan DPRD. Foto: Ist

Kabag Organisasi Pemerintahan Setda Kota Bima Ihya Ghazali mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi tim evaluasi Kemenpan beberapa waktu lalu.

Pemkot Bima Bersama DPRD Adakan Bimtek Peningkatan Kualitas SAKIP - Kabar Harian Bima

Wakil Ketua DPRD Kota Bima H Mustamin mengatakan, Bimtek yang dilaksanakan Pemkot Bima bekerjasama dengan Kemenpan RB itu tentunya menjadi wadah untuk menambah wawasan serta memperkuat komitmen, dalam rangka meningkatkan pelayanan publik.

“Kami berharap Bimtek ini dapat dimaksimalkan, sehingga dalam proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pelaporan dapat berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” harapnya.

Demikian juga yang diinginkan Ketua Komisi I DPRD Kota Bima M Irfan. Dirinya juga berharap lebih menekankan komitmen dalam melaksanakan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

“Kuncinya adalah komitmen,” tegasnya.

Sementara itu, narasumber Bimtek Ummu Hanifah mengatakan, Pemkot Bima dalam menerapkan SAKIP sudah berjalan baik. Hanya saja perlu penajaman dan beberapa hal yang mesti dipenuhi.

Menurut dia, Bimtek ini tentunya akan menambah pemahaman terutama para kepala perangkat daerah dalam mengimplementasikan visi dan misi kepala daerah melalui program kegiatan yang dijabarkan sampai ke tingkat terbawah.

“Kedepankan asas manfaat dan dampak bagi masyarakat,” katanya.

Ia menambahkan, kunci dari pelaksanaan SAKIP adalah pelaksanaan program kegiatan yang tepat sasaran dan tidak tumpang tindih antara perangkat daerah satu dan yang lain.

Tetapi sebaliknya, perangkat daerah saling menunjang dan memberikan kontribusi dalam mensukseskan program kegiatan yang telah ditetapkan, sebagaimana disepakati antara kepala daerah dan pimpinan OPD yang diterjemahkan sampai ke level bawah.

*Kahaba-01