Kabar Kota Bima

Dorong Percepatan Realisasi Investasi, DPMPT-SP Gandeng Pengusaha Wisata

452
×

Dorong Percepatan Realisasi Investasi, DPMPT-SP Gandeng Pengusaha Wisata

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPT-SP) kembali menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi pengawasan perizinan berbasis risiko yang dihelat di Surf Cafe, Selasa (25/10) dihadiri puluhan pengusaha serta pemateri Kepala Dispar Kota Bima Muhammad Natsir.

Dorong Percepatan Realisasi Investasi, DPMPT-SP Gandeng Pengusaha Wisata - Kabar Harian Bima
Kegiatan Bimtek implementasi pengawasan perizinan berbasis risiko yang digelar DPMPT-SP Kota Bima. Foto: Eric

Kepala DPMPT-SP Kota Bima H Lalu Sukarsana menjelaskan, selama kurun waktu 3 tahun terakhir kondisi perekonomian di tengah Pandemi Covid-19 masih dikategorikan dalam kondisi stabil, karena masih bertahannya UMK yang mampu menyumbangkan pendapatan untuk negara.

Dorong Percepatan Realisasi Investasi, DPMPT-SP Gandeng Pengusaha Wisata - Kabar Harian Bima

Terutama dari segi pengembangan geliat pariwasata, dengan dibukanya jalur-jalur transportasi darat, laut dan udara yang menghubungkan antar lokasi wisata di daerah, sehingga kunjungan wisatawan lokal, regional, nasional hingga mancanegara terus mengalami peningkatan.

“Untuk memaksimalkan potensi yang telah ada, UMK dapat menjalin kerjasama dengan sejumlah tempat wisata, agar mempromosikan sekaligus memasarkan produk-produk yang akan dijual,” ujarnya.

Sukarsana menjelaskan, keberadaan UMK di lokasi pariwisata tidak hanya menjadi objek menarik wisatawan, tapi juga menampilkan spot menarik lainnya. Seperti wisata alam, pantai, laut hingga budaya. Namun juga menyediakan kuliner-kuliner khas yang memiliki cita rasa tersendiri suatu daerah, hingga kerajinan daerah seperti tenun sebagai daya pikat.

Maka melalui bimtek ini pula pihaknya ingin mengajak para pelaku UMK untuk dapat meningkatkan kapasitasnya dalam mensukseskan program pelaksanaan penanaman modal dan perijinan di daerah.

“Sekaligus membantu para pelaku usaha agar mampu secara mandiri menggunakan sistem online single submission risk based aproach (oss-rba), yang terintegrasi berbasis risiko secara elektronik,” katanya.

Sukarsana menambahkan, Bimtek yang intens terus dilaksanakan ini merupakan bagian dari visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima untuk menyamakan persepsi, serta komitmen bersama dalam membangun dan mendorong percepatan realisasi investasi.

Pemerintah daerah juga menyampaikan ucapan terima kasih pada seluruh pelaku usaha yang telah berperan aktif hadir dalam setiap kegiatan bimtek, sehingga dalam aplikasi penerapan usaha berjalan dengan baik dan sukses.

“Tentu pelaksanaan ini banyak membantu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui usaha yang dikelolanya di tengah ketidakpastian ekonomi dunia pasca Covid-19,” pungkasnya.

*Kahaba-04