Kabar Kota Bima

Koperindag Kota Bima Diklat 30 Wirausaha Muda agar Naik Kelas

518
×

Koperindag Kota Bima Diklat 30 Wirausaha Muda agar Naik Kelas

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 30 wirausaha muda Kota Bima mengikuti Diklat Penyusunan Rencana Bisnis yang digagas Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Bima yang dipusatkan di PLUT.

Koperindag Kota Bima Diklat 30 Wirausaha Muda agar Naik Kelas - Kabar Harian Bima
Diklat Penyusunan Rencana Bisnis yang digelar Dinas Koperindag Kota Bima. Foto: Bin

Panitia kegiatan A Rafik mengatakan, kegiatan tersebut dihelat selama 5 hari, mulai tanggal 30 Oktober 2022 dan berakhir pada tanggal 4 November 2022. Sementara narasumbernya dari Dinas Koperindag Kota Bima, Widya Iswara Balai Diklat Koperasi Provinsi NTB dan praktisi.

Koperindag Kota Bima Diklat 30 Wirausaha Muda agar Naik Kelas - Kabar Harian Bima

“Maksud kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan wirausaha dalam penyusunan dan perencanaan bisnis. Kemudian tujuannya meningkatkan kualitas wirausaha dan menciptakan usaha baru di Kota Bima,” paparnya.

Saat Diklat sambung pria yang juga Kabid Koperasi dan UMKM itu, peserta kegiatan akan dibekali bagaimana menjadi wirausaha muda daerah yang memiliki perencanaan bisnis baik dan terukur.

Sementara itu, Kadis Koperindag Kota Bima Abdul Haris mengatakan, karena Kota Bima merupakan kota perdagangan dan jasa yang perekonomiannya ditopang oleh UMKM. Tumbuhnya UMKM otomatis berkaitan dengan tumbuhnya wirausaha.

Koperindag Kota Bima Diklat 30 Wirausaha Muda agar Naik Kelas - Kabar Harian Bima
Para wirausaha muda saat mengikuti Diklat Penyusunan Rencana Bisnis. Foto: Bin

“Kenapa melibatkan wirausaha muda sebagai peserta, karena potensi anak muda sangat besar untuk tumbuh dan perkembangan wirausaha di Kota Bima,” katanya.

Dengan semakin meningkatnya jumlah wirausaha tambah Haris, maka perekonomian di daerah juga akan semakin baik. Mengingat Kota Bima juga bukan daerah yang memiliki potensi sumber daya alam yang besar, maka tidak lain untuk mengembangkan Kota Bima menjadi daerah yang maju maka SDM yang perlu ditingkatkan.

“Salah satunya ya melalui peningkatan jumlah wirausaha baru,” tegasnya.

Ia berharap, wirausaha muda setelah mengikuti pelatihan ini bisa naik kelas, dari mikro merangkak jadi kecil kemudian menengah dan tumbuh besar.

*Kahaba-01