Progres Pekerjaan Rehabilitas dan Rekontruksi Bangunan Pengendalian Banjir di Bima Capai 75 Persen

Kota Bima, Kahaba.- Hingga saat ini PT. Waskita Karya terus menyelesaikan Pekerjaan Rehabilitas dan Rekontruksi Bangunan Pengendalian Banjir di Kota Bima dan Kabupaten Bima. Pekerjaan sampai November 2022, secara keseluruhan sudah mencapai kurang lebih 75 persen.

Progres Pekerjaan Rehabilitas dan Rekontruksi Bangunan Pengendalian Banjir di Bima Capai 75 Persen - Kabar Harian Bima
Kondisi pekerjaan rehabilitas dan rekontruksi bangunan pengendalian banjir di Kota Bima. Foto: Ist

Kepala Teknik PT. Waskita Karya Fahmi menjelaskan, khusus di area kota pekerjaan bronjong dan normalisasi sungai di Kota Bima ada 2 lokasi yakni di area Sadia 1 dan Sadia 2.



Untuk Sadia 1 di Kelurahan Lewirato dan Rabangudu Utara, dengan panjang bronjong 1.400 meter. Progressnya mencapai 65 persen. Kemudian lokasi kedua yakni Sadia 2 di Kelurahan Sadia, dengan panjang bronjong 635 meter, progress mencapai 95 persen.

Baca:   Lahan Digerus Banjir, Petani So Tolo Na’e Sampungu Butuh Bronjong

“Melihat progres di lapangan, pada lokasi Sadia 1 kita optimis berakhir bulan Desember 2022, dan Sadia 2 selesai pada akhir November,” ujar Fahmi, Selasa (8/11).

Diakuinya, sejauh ini tidak ada kendala berarti, hanya saja masalah cuaca, akses lokasi dan area padat penduduk. Namun tidak menyulitkan progres pekerjaan. Pun demikian dengan partisipasi serta pengawasan masyarakat, dapat berjalan dengan baik.

Baca:   Kampung Sigi Langganan Banjir, Warga Minta Bronjong Tinggi

“Sebelum pekerjaan dimulai juga kita lebih awal mensosialisasikan ke pemerintah kecamatan dan kelurahan. Partisipasi pemerintah kelurahan dan kecamatan juga sudah sangat luar biasa,” tuturnya.

Progres Pekerjaan Rehabilitas dan Rekontruksi Bangunan Pengendalian Banjir di Bima Capai 75 Persen - Kabar Harian Bima
Kondisi pekerjaan rehabilitas dan rekontruksi bangunan pengendalian banjir di Kabupaten Bima. Foto: Ist

Fahmi menambahkan, selain di Kota Bima, PT. Waskita Karya juga mengerjakan proyek bronjong, pasangan talut dan normalisasi di Kabupaten Bima. Lokasinya tersebar di Kecamatan Monta dan Kecamatan Woha.

Baca:   Proyek Irigasi dan Bronjong Tahun 2020 Sedang Proses Pemilihan Penyedia Jasa

“Pekerjaan-pekerjaan ini bertujuan untuk mengurangi dampak longsor atau daya rusak akibat banjir ke depannya,” tambahnya.

*Kahaba-01


Komentar