Cegah Gangguan di Musim Hujan, PLN Optimalkan Perambasan Pohon

Kabar Kota Bima1075 Dilihat

Kota Bima, Kahaba.- Curah hujan dan angin kencan berpotensi dapat mempengaruhi pasokan jaringan listrik. Maka sebagai bentuk antisipasi agar tidak terjadinya gangguan, PT PLN UP3 Bima melakukan perambasan pohon disejumlah lokasi.

Cegah Gangguan di Musim Hujan, PLN Optimalkan Perambasan Pohon - Kabar Harian Bima
Petugas PLN saat melakukan perambasan untuk mencegah gangguan di musim hujan. Foto: Eric

“Perambasan pohon dilakukan sebagai bentuk proteksi dini terhadap jaringan, untuk menghindari terjadinya gangguan atau pemadaman listrik,” ujar Tim Bagian Jaringan PT PLN UP3 Bima melalui Bidang Pelayanan dan Administrasi, Reza, Rabu (23/11).



Diakuinya, terdapat beberapa lokasi yang dilakukan perambasan oleh tim, terutama pada sejumlah titik yang ada pohon dengan dahan memiliki cabang sangat panjang mengarah ke Jaringan Tegangan Menengah (JTM), kemudian lebat yang berpotensi mengganggu jaringan yang dilalui.

Baca:   3 Alat Deteksi Banjir di Kota Bima tidak Berfungsi

“Saat ini tingkat curah hujan cukup tinggi disertai angin kencang, sehingga tim di lapangan bekerja ekstra melakukan perambasan sebagai bentuk antisipasi,” katanya.

Guna memaksimalkan petugas menjalankan tugas, pihaknya mengimbau masyarakat yang tempat tinggalnya memiliki pohon tinggi dan lebat yang telah mendekati jaringan Listrik, agar segera melapor melalui PLN Mobile, supaya bisa langsung dilakukan perambasan.

Baca:   Hujan Malam Ini, Terparah Banjir Gunung Terjang Sambinae dan Panggi

“Perambasan merupakan salah satu faktor penting dalam pemeliharaan jaringan listrik, untuk memastikan suplai jaringan listrik tetap aman sampai kepada pelanggan,” tambahnya.

*Kahaba-04


Komentar