Kabar Kota Bima

FPRB Mbojo Matenggo Serahkan Alat Elektrolisis untuk Panen Air Hujan di SMP IT Insan Kamil

429
×

FPRB Mbojo Matenggo Serahkan Alat Elektrolisis untuk Panen Air Hujan di SMP IT Insan Kamil

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebutuhan air bersih di SMP IT Insan Kamil, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Mbojo Matenggo Kota Bima menyerahkan satu unit alat elektrolisis, agar bisa dimanfaatkan untuk pengolahan air hujan menjadi air yang layak dikonsumsi.

FPRB Mbojo Matenggo Serahkan Alat Elektrolisis untuk Panen Air Hujan di SMP IT Insan Kamil - Kabar Harian Bima
Ketua Harian FPRB Mbojo Matenggo Kota Bima Anwar Arman saat menyerahkan Alat Elektrolisis untuk SMP IT Insan Kamil. Foto: Ist

Ketua Harian FPRB Mbojo Matenggo Kota Bima Anwar Arman mengatakan, alat elektrolisis tersebut diserahkan tadi sore, Rabu (14/12). Alat dimaksud berfungsi untuk memisahkan air hujan, antara kandungan basah dan asam agar bisa layak dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari.

FPRB Mbojo Matenggo Serahkan Alat Elektrolisis untuk Panen Air Hujan di SMP IT Insan Kamil - Kabar Harian Bima

“Ar hujan ditampung dengan tandon, kemudian diproses oleh alat ini. Kandungan yang basah dengan PH tertentu bisa dikonsumsi dan mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sementara kandungan asam, bisa untuk membersihkan muka, bahkan mengobati sejumlah penyakit,” jelasnya.

Diakui mantan Anggota DPRD Kota Bima 2 periode itu, ini merupakan penyerahan yang pertama untuk sekolah SMP IT Insan Kamil. Sebelumnya, FPRB melaksanakan sosialisasi berkaitan panen air hujan di sekolah tersebut, karena SMP IT Insan Kamil sangat kekurangan air bersih di musim hujan dan kemarau.

“Di sana ada banyak ratusan siswa yang mondok, maka perlu adanya air bersih yang cukup,” tuturnya.

Anwar Arman mengungkapkan, alat ini diproduksi oleh Imawan, salah satu putra daerah yang mengabdi menjadi ASN di BPBD Kota Bima dan anggota FPRB.

“Alat elektrolisis ini tidak diproduksi massal. Tapi disesuaikan dengan pesanan,” terangnya.

Ia menambahkan, akan ada penyerahan alat yang sama ke sejumlah tempat lain, terutama sekolah-sekolah yang berada di lokasi kekurangan air bersih, sehingga bisa tercukupi dengan panen air hujan.

*Kahaba-01