Kabar Kota Bima

Bawaslu Kota Bima Tetap Awasi Setiap Tahapan Pemilu

375
×

Bawaslu Kota Bima Tetap Awasi Setiap Tahapan Pemilu

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Bawaslu Kota Bima tetap mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024. Saat ini selain menggelar kegiatan bersama jajaran internal, Bawaslu Kota Bima juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang digelar Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI.

Bawaslu Kota Bima Tetap Awasi Setiap Tahapan Pemilu - Kabar Harian Bima
Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani. Foto: Ist

Hal itu dikatakan Anggota Bawaslu Kota Bima Asrul Sani ditemui di Kantor Bawaslu Kota Bima, Rabu (21/12/2022).

Bawaslu Kota Bima Tetap Awasi Setiap Tahapan Pemilu - Kabar Harian Bima

Dijelaskan Asrul Sani yang juga Koordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Bawaslu Kota Bima tetap mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan pemilu.

Tahapan yang sedang berlangsung adalah penetapan jumlah kursi, penataan dan penetapan Daerah Pemilihan (Dapil), pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih.

Selain itu, Pembentukan Badan Adhoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang beberapa waktu lalu telah ditetapkan, dan juga pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang dilakukan KPU Kota Bima.

“Semua tahapan itu tetap diawasi oleh Bawaslu Kota Bima. Kita pastikan semua tahapan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024, juga mencegah terjadinya pelanggaran pemilu,” terangnya.

Asrul Sani mengaku, Bawaslu Kota Bima telah melaksanakan instruksi Bawaslu RI untuk melakukan pemetaan lokasi TPS khusus seperti di Rumah Tahanan, Rumah Sakit, Pondok Pesantren dan daerah relokasi banjir.

Bawaslu Kota Bima juga mengikuti kegiatan yang digelar Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI. Baru baru ini terangnya, Anggota Bawaslu Kota Bima mengikuti kegiatan Konsolidasi Nasional (Konsolnas) dengan tema

“Memantapkan Kinerja dan Soliditas jajaran Pengawas dalam Mengawasi Tahapan Penyelenggaraan Pemilu serentak tahun 2024” tanggal 17-19 Desember 2022 di Hotel Bidakara Jakarta.

Dalam Konsolnas itu juga digelar pameran hasil kerja-kerja pengawasan di masing-masing provinsi dan jalan sehat yang melibatkan sedikitnya 4.500 peserta dari anggota Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Kota seluruh Indonesia.

“Konsolnas sendiri dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo dan dihadiri Ketua dan Anggota Bawaslu RI, Menteri Hukum dan HAM, Kapolri, Kejagung, dan Kementerian terkait serta Plh Sekjen Bawaslu RI,” tambahnya.

*Kahaba-01