Kabar Kota Bima

EXPO Produk P5, SMKN 1 Kota Bima Pamer Karya Siswa

517
×

EXPO Produk P5, SMKN 1 Kota Bima Pamer Karya Siswa

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- SMKN 1 Kota Bima menggelar Expo Produk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dipusatkan di halaman sekolah setempat, Kamis (22/12). Hadir pada kegiatan tersebut, Pengawas Pembina KCD Dikbud H Muhammad Saleh, Pimpinan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI), komite sekolah, wali murid serta ratusan pelajar.

EXPO Produk P5, SMKN 1 Kota Bima Pamer Karya Siswa - Kabar Harian Bima
EXPO Produk P5 yang dihelat SMKN 1 Kota Bima. Foto: Ist

Kepala SMK Negeri 1 Kota Bima Ratnah saat sambutan menyampaikan, pelaksanaan Expo Produk P5 ini dalam rangka menggelar hasil karya peserta didik kelas X sesuai tema P5 yang dipilih dalam implementasi kurikulum merdeka.

EXPO Produk P5, SMKN 1 Kota Bima Pamer Karya Siswa - Kabar Harian Bima

“Pada semester ini SMKN 1 Kota Bima memilih tema P5 sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka, yaitu tema gaya hidup berkelanjutan dan pemanfaatan teknologi untuk kemajuan dunia pendidikan,” ujarnya.

Melalui pengembangan iplementasi tersebut peserta didik telah mampu menghasilkan bebagai produk, di antaranya biogas dari bahan kotoran hewan yang diinovasikan dengan ragi, pupuk organik cair dari buah busuk, kolase dari aneka biji-bijian, kerajinan dari bahan-bahan bekas, kreasi dari limbah komputer, telur asin dengan berbagai rasa dan berbagai produk hasil proyek lainnya dari tujuh kompetensi keahlian.

“Alhamdulillah seluruh pelajar mampu menyerap semua ilmu dan bimbingan dari guru, sehingga berhasil menampilkan karya yang luar biasa. Sehingga bisa bernilai pengetahuan dan ekonomi,” katanya.

Ratnah mengungkapkan, sejumlah produk hasil project P5 ini merupakan hasil pendampingan dari guru-guru hebat SMKN 1 Kota Bima, yang menjadi fasilitator dan koordinator P5. Dimana siswa diberikan kemerdekaan oleh fasilitator untuk menentukan sendiri project yang dilaksanakan, berkolaborasi dengan anggota kelompoknya. Fasilitator hanya berperan sebagai fasilitator selebihnya kreasi dan ide dari peserta didik sesuai tuntutan kurikulum merdeka.

EXPO Produk P5, SMKN 1 Kota Bima Pamer Karya Siswa - Kabar Harian Bima
Kepala SMKN 1 Kota Bima Ratnah bersama perwakilan KCD Dikbud Bima saat kegiatan EXPO Produk P5. Foto: Ist

Ide, kreativitas, nalar kritis dan kolaborasi dalam semangat gotong royong peserta didik sangat luar biasa selama melaksanakan project. Kondisi yang tumbuh inilah yang diharapkan melalui kurikulum merdeka, expo produk ini merupakan hasil akhir dari proses hebat selama pelaksanan project.

“Produk yang ditampilkan ini merupakan wujud akhir tumbuhnya nilai dimensi profil pelajar pancasila, yang tumbuh pada diri pelajar. Makanya kami sengaja mengundang orang tua peserta didik, untuk melihat hasil karya putra-putri mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Adi Hidayat Argubi menambahkan, kegiatan expo yang didukung oleh berbagai sponsor ini juga dimeriahkan dengan berbagai produk Teaching Factory (TeFA) sekolah, pamer produk wirausaha serta berbagai atraksi dan pentas seni hasil pembinaan kegiatan ekstrakurikuler SMKN 1 Kota Bima. Di antaranya berbagai tarian daerah dan modern, puisi, nyanyi solo, atraksi Pramuka, peragaan busana dan juga lomba memasak bapak-bapak dalam rangka hari Ibu oleh Dharma Wanita SMKN 1 Kota Bima.

“Berbagai atraksi dan pentas seni yang ditampilkan oleh peserta didik dalam Expo Produk P5 ini, adalah hasil pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Kota Bima. Pamer produk wirausaha siswa kelas XI dan XII juga turut memeriahkan kegiatan Expo juga sebagai bentuk menanamkan jiwa dan semangat berwirausaha,” tambahnya.

Adapun sejumlah sponsos yang turut terlibat membantu terlaksananya kegiatan, eperti Universitas Mbojo Bima, PT. POS Indonesia Cabang Bima, PT. Nutrifood Indonesia, Bank NTB Syariah, Good Day, Telkomsel, dan Duta Cell Bima.

Kepala PT POS Indonesia Cabang Bima Tri Rahayu Ningtia yang ikut hadir dalam Expo mengungkapkan apresiasi dan ucapan terima kasih, karena selalu dilibatkan dalam kegiatan di SMKN 1 Kota Bima, selama Expo Produk P5 tersebut, pengunjung diajak untuk melihat hasil karya peserta didik, sekaligus diajak menyaksikan berbagai produk Teaching Factory (TeFa) sekolah.

“Saya mengapresiasi kegiatan Expo Produk P5 yang diadakan oleh SMK Negeri 1 Kota Bima. Sangat hebat dan luar biasa hasil karya siswa. Saya dan pengunjung lain sangat menikmati dan kagum dengan kreativitas dan inovasi siswa makanya saya dan tim langsung membeli hasil produk hasil karya siswa,” pungkasnya.

*Kahaba-04