Kabar Kota Bima

Puncak Musim Hujan Tapi Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG

614
×

Puncak Musim Hujan Tapi Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Wilayah Bima – Dompu masih berada pada musim Hujan, namun beberapa hari terakhir ini cuaca di wilayah Bima dan Dompu terpantau cerah berawan, terasa panas serta tidak ada hujan yang turun.

Puncak Musim Hujan Tapi Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG - Kabar Harian Bima
Kepala BMKG Bima Satria Topan Primadi. Foto: Kahaba

Masyarakat juga mengeluhkan kondisi cuaca dan bertanya terkait dengan perubahan cuaca tersebut, padahal sebelumnya telah diprediksi bahwa bulan Januari wilayah Bima dan Dompu berada pada puncak musim hujan.

Puncak Musim Hujan Tapi Cuaca Panas, Ini Penjelasan BMKG - Kabar Harian Bima

Mengapa kondisi tersebut dapat terjadi? Berikut penjelasan BMKG Bima.

Kepala BMKG Bima Topan Primadi mengatakan, berdasarkan analisis dinamika atmosfer, ada beberapa faktor yang menjadi pemicunya pertama, adanya pembentukan Sirkulasi Siklonik di sekitar Samudera Pasifik bagian Utara, menyebabkan perubahan aliran Monsun Asia masuk ke wilayah Bima dan Dompu.

“Pada saat musim hujan berlangsung, Monsun Asia yang membawa massa udara basah seharusnya cenderung aktif di atas wilayah Bima dan Dompu, tetapi karena kondisi tersebut massa uap air dari Asia menjadi terhalang dan berdampak pada pembentukan awan hujan di wilayah Bima dan Dompu berkurang,” jelasnya, Rabu 11 Januari 2023.

Kedua, berdasarkan pola angin terpantau kondisi angin di atas wilayah Bima dan Dompu bergerak dari arah Selatan hingga Barat Laut, dengan kecepatan yang cukup tinggi berkisar antara 20-30 km/jam. Arah angin dari Selatan umumnya akan membawa massa udara kering, ditambah dengan kecepatan angin yang tinggi dapat menghalangi pertumbuhan awan hujan.

Ketiga, kondisi kelembapan udara di atas wilayah Bima dan Dompu dari lapisan permukaan hingga 500 hpa terpantau cukup kering berkisar antara 30- 50 perse , sehingga tidak cukup mendukung untuk perkembangn awan hujan.

Diakui Topan, berdasarkan pertimbangan dari perkembangan kondisi dinamika atmosfer saat ini, terpantau adanya pola angin baratan yang kembali aktif di atas wilayah Bima dan Dompu. Namun demikian, kondisi kecepatan angin masih cukup tinggi pada lapisan dan kelembapan udara juga belum kondusif, sehingga diprediksi cuaca di wilayah Bima dan Dompu selama sepekan ke depan antara tanggal 12-18 Januari 2023 adalah berawan.

“Namun masih terdapat potensi hujan intensitas ringan-sedang pada siang hingga sore hari,” katanya.

Untuk esok hari tanggal 12 Januari 2023 sambung Topan, diprediksi berawan, terdapat potensi adanya hujan intensitas ringan-sedang pada siang hingga sore hari. Pada tanggal 13-15 Januari 2023 cuaca umunya berawan. Tanggal 16-18 Januari 2023 cuaca umunya berawan, terdapat potensi hujan ringan-sedang pada siang hingga sore hari.

Kepada masyarakat diharapkan untuk tetap memantau informasi BMKG guna mengantisipasi terjadinya dampak bencana maupun kerugian dalam perencanaan kegiatan masyarakat.

“Pantau terus informasi cuaca melaui melalui media sosial kami BMKG BIMA (Facebook: BMKG BIMA dan instgaram: @bmkg_bima), telepon 24 jam (0374) 42315 dan WhatsApp : +6282340448422,” imbaunya.

*Kahaba-01