Hidupkan Kembali Kearifan Lokal, Karang Taruna Desa Roka Adakan Festival Kampung Jompa

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Kampung Jompa Desa Roka merupakan Perhelatan Seni dan Budaya yang digagas Karang Taruna Bina Bangsa Desa Roka. Festival yang berlangsung selama 3 hari, dimulai tanggal 22-24 Maret 2019 di Area DAM Roka tersebut dibuka secara resmi Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri, Jumat Sore (22/3).

Festival Kampung Jompa yang dogelar Karang Taruna Desa Roka. Foto: Ist

Bupati Bima mengaku sangat mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat positif. Jadi perlu dirawat dan dikembangkan. Dirinya pun berharap agar kegiatan ini tetap diadakan setiap tahun. Mengingat festival seperti ini dapat mengenalkan kearifan lokal.

“Ini kegiatan yang sangat bagus. Kami juga akan berusaha membantu lewat dinas terkait untuk diatensi khusus,” ujar Indah.

Ketua Panitia kegiatan Ikhsan Usmedin juga menyampaikan hal yang sama. Festival Kampung Jompa merupakan kegiatan seni dan budaya yang harus dikembangkan seperti halnya Kareku Kandei, Kareku Nocu, Dzikir Hadara, Tari Tradisional, Tari Kreasi dan ditambahkan dengan Menggambar, Mancing bersama serta Bazar dan Pameran.

“Festival ini tujuan utamanya adalah untuk menghidupkan kembali budaya lokal yang hampir punah di Desa Roka. Budaya Lokal ini harus dijaga dan dirawat,” jelasnya.

Pembukaan Festival Kampung Jompa ini diramaikan oleh ribuan masyarakat Desa Roka. Seperti ikut Pawai Budaya dengan memakai pakaian Budaya Rimpu, dan beberapa jenis pakaian adat lainnya.

Sementara itu mewaikili masyarakat, Pemuda Desa Roka Superwadin mengucapkan terima kasih kepada jajaran panitia festival yang telah menggagas kegiatan ini, sehingga bisa terlaksana dengan baik. Semoga kegiatan ini bisa terlaksana kembali setiap tahunnya.

“Kami sangat menantikan acara-acara seperti ini, hadirnya ribuan masyarakat yang berkumpul menyaksikan acara ini serasa seperti satu keluarga besar. Kami sangat senang,” ucapnya.

*Kahaba – 07

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *