oleh

Usaha Kepemudaan, Komunitas Lawoto Santi Budidaya Ikan Lele

Kota Bima, Kahaba.- Pemberdayaan pemuda lewat dana kelurahan, Karang Taruna Kawinda Kelurahan Santi membentuk Kelompok Lawoto untuk budidaya ikan lele di aliran sungai RT 03 Lingkungan Santi 1 Barat Kelurahan Santi.

Kelompok Lawoto saat memasukkan bibit lele dalam keramba. Foto: Deno

Ketua Kelompok Lawoto Johari menyampaikan, budidaya ikan lele tersebut terinspirasi dari usaha budidaya ikan lele dan ikan nila Kelompok Lampa Sama pemuda di Lingkungan Santi 1 Timur. Sehingga terbentuklah kelompok Lawoto di Lingkungan Santi 1 Barat.

Kata dia, bibit lele tersebut dibeli dari anggaran dana kelurahan tahun 2020 melalui program pemberdayaan pemuda. Sebagian bibit kini mulai masuk dalam Keramba hari Sabtu kemarin.

“Kelompok Lawoto ini dibawa pembinaan Karang Taruna Kawinda Kelurahan Santi,” ujarnya, Minggu (17/1).

Kelompok Lawoto tersebut kata Johari, merupakan gabungan pemuda dari pemuda Lingkungan Santi 1 dan 2 Barat. Sebelum bibit lele datang, para pemuda terlebih dahulu membuat keramba dengan menggunakan anggaran swadaya kelompok.

Untuk pembuatan keramba tambahan dan memisahkan ikan lele jika sudah besar nanti, hasil koordinasi dengan Ketua Karang Taruna keramba tambahan tersebut rencananya akan menggunakan anggaran Karang Taruna tahun 2021.

“Semoga usaha pemuda ini lancar dan menjadi usaha yang maju, sehingga pemuda Santi bisa berkembang dan mandiri,” harapnya.

*Kahaba-05

Komentar

Kabar Terbaru